The Awards Asia 2023 Kategorikan Rumah Sakit Terapung Unair Sebagai Salah Satu Nominasi

Reporter : Danny

Optika.id -The Awards Asia adalah salah satu ajang bergengsi internasional yang bergerak di bidang pendidikan tinggi. Chinese University of Hongkong merilis bahwa Rumah Sakit Terapung Universitas Airlangga jadi salah satu nominasi THE Award Asia 2023.

Baca juga: Sampai Kini, Ratusan Pasien RS Unair Masih di Tenda Darurat

Pada ajang bergengsi tersebut, RSTKA berhasil menembus nominasi delapan besar pada kategori Outstanding Contribution to Regional Development. Keberhasilan RSTKA Unair menembus nominasi tersebut didasarkan pada indikator penilaian khusus serta ketetapan para juri.

Para juri dalam ajang ini di antaranya berasal dari perguruan tinggi bergengsi dunia, seperti halnya Simon Marginson (University of Oxford), Vijay Kumar (Massachusetts Institute of Technology), dan Fernando Reirners (Hardvard Graduate School of Education).

Ajang ini menjadi wadah untuk mengukur dan menilai beberapa indikator keunggulan perguruan tinggi, seperti halnya kepemimpinan hingga kinerja kelembagaan dengan standar internasional.

Direktur RSTKA dr Agus Harianto SpB(K) menuturkan, RSTKA merupakan sebuah karya dari Unair yang memiliki tujuan mendukung pemerataan layanan kesehatan di Indonesia. RSTKA memberikan jawaban atas kondisi kesenjangan serta sulitnya akses kesehatan, khususnya bagi masyarakat pesisir dan perbatasan.

Baca juga: Keberhasilan Rumah Sakit Universitas Airlangga Menghadapi Kompleksitas Lingkungan

"RSTKA telah berhasil memberikan berbagai layanan kesehatan pada masyarakat di daerah-daerah yang belum terjamah akses kesehatan. Dalam perjalanannya, ribuan nyawa telah terselamatkan berkat kehadiran kapal pinisi ini," ujar dr Agus kepada Optika.id, Senin (26/6/2023).

Tidak berhenti di situ saja, RSTKA juga menunjukkan peran dan kontribusi pentingnya dalam menangani pandemiCovid-19, khususnya di Madura. Dengan membawa misi Maduranese Awareness of Covid-19, para tenaga medis RSTKA Unair berhasil mengedukasi masyarakat lintas pulau tentang pencegahan, penanganan, hingga dampak pandemi Covid-19.

"Selama satu bulan, RSTKA berlayar ke Kabupaten Sumenep, Madura. Setidaknya 12 pulau kecil telah kami kunjungi untuk memberikan edukasi tentang Covid-19 pada September 2021 lalu," katanya.

Baca juga: Hari Ulang Tahun RSUA ke-12 Tahun, Semarakkan Seminar Hingga Employee Award 2023

Selain itu, RSTKA juga berperan penting dalam program vaksinasi Covid-19 di Jawa Timur. Dalam kurun waktu tiga bulan, sebanyak 25 tenaga medis telah memberikan layanan kesehatan dan vaksinasi Covid-19 kepada sekitar 3.000 penduduk di pesisir timur Pulau Jawa.

Dia pun berharap agar RSTKA besutan Unair ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, RSTKA juga diharapkan dapat membantu pemerintah dalam melakukan pemerataan akses kesehatan di seluruh Indonesia.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru