Dagelan Kabinet Prabowo: Bau Jokowi dan Kaesang

Reporter : Pahlevi

Optika.id - Menurut podcast FNN (Forum News Nettwork) rencana kabinet Prabowo Subianto sebagai dagelan. Bahkan dikatakan Dagelan Kabinet 100 Menteri. Hal itu tampak dari orang-orang yang dipanggil Prabowo ke rumahnya, Hambalang.

Banyak orang dari berbagai kalangan dimasukkan dalam kabinet Prabowo. Mulai dari orang partai, politisi, orang ahli, menterinya Joko Widodo (Jokowi), kawan-kawan Kaesang dan anggota PSI (Partai Solidaritas Indonesia) yaitu para artis, dan dari organisasi keagamaan seperti Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulamah (NU), podcast FNN: Rocky Gerung Official, 16/10/2024).

Baca juga: Suyoto: Nasdem Tidak Mengusung, Tidak Elok Mengambil Jatah Menteri

Tidak hanya itu, Hersubeno Arief dan Agi Betha, host FNN menyebutkan kabinet Prabowo Rasa Jokowi. Di samping banyak orang yang dimasukkan dalam cabinet dengan tidak ada tolok ukur keahlian yang jelas juga banyak Menteri yang dikenal dekat dengan Jokowi (orangnya Jokowi) masuk dalam kabinet Prabowo.

Hersubeno Arief mencatat sekitar orang-orang yang dekat dengan Jokowi, baik mereka yang masih menjadi Menteri maupun ada di parpol, masuk dalam bakal cabinet Prabowo. Menurut dia sekitar 15 orang Jokowi bakal menjadi Menteri dan wakil Menteri Prabowo. Ini sebagai bukti rezim Prabowo adalah lanjutan dari rezim Jokowi. Lebih vulgar lagi , kabinet Prabowo telah didekte oleh Jokowi.

Kita simak deretan Menteri Jokowi yang diteruskan menjadi Menteri Prabowo. Mereka adalah
(1)Sri Mulyani, (2) Airlangga Hartarto, (3) Bahlil Lahadahlia, (4) Agus Gumiwang, (5) Agus Harimurti Yudhoyono, (6) Amran Sulaiman, (7) Tito Karnavian, (8) Raja Juli Antoni, (9) Pratikno, (10) Budi Gunadi Sadikin, (11) Erick Thohir, (12) Zulkifli Hasan, (13) Syaifullah Yusuf, (14) Rosan Roslani, (15) Dito Ariotedjo, (16) A. Hendra, dan (17) Wahyu Trenggono.

Baru kali ini Pemerintahan Indonesia menjadi aneh. Rezim baru meneruskan sebagian besar Menteri rezim lama yang digantikan. Memang Prabowo pernah mengatakan bahwa dia bagian dari tim Jokowi. Tetapi tidak dinyana tatkala Prabowo diamanati menjadi presiden kemudian mengusung sebagian besar menteri presiden yang digantikannya.

Baca juga: NasDem Tidak Mau Masuk Kabinet Prabowo, Meskipun Bukan Oposisi

Semakin kuat dugaan banyak orang bahwa Prabowo tidak mungkin lepas dari Jokowi. Jokowi meskipun telah habis kekuasaannya namun masih bisa meletakkan sebagian besar kekuatannya di dalam Pemerintahan Prabowo.

Hersubeno Arief menduga Prabowo memperoleh tekanan dari Jokowi. Pertemuan Prabowo dan Jokowi di rumah pribadi Jokowi di Solo, sambil makan bersama, adalah bukti pesan kuat Jokowi kepada Prabowo, Ahad, 13 Oktober 2024. Sebelumnya Jokowi juga mengajak makan malam Prabowo di Jakarta, Selasa, 10/10/2024.

Semua orang terkejut dengan susunan personalia kabinet Prabowo yang didominasi oleh Menteri Jokowi dan politisi muda PSI (Partai Solidaritas Indonesia). Prabowo diduga tidak sekuat yang dibayangkan banyak orang, mantan Danjen Kopassus, tokoh militer kuat dengan suara menggelegar, ternyata luluh oleh Jokowi dan anak bocilnya Jokowi.

Baca juga: Pertemuan Tertutup Jokowi dan Prabowo: Momen Penting di Solo

Hilang bayangan masyarakat tentang zaken kabinet yang diucapkan Prabowo dengan gagah perkasa. Yang muncul adalah kabinet boneka rasa Jokowi dan Kaesang, dan kabinet dagelan, kata Hersubeno Arief dalam FNN.

Tulisan: Aribowo

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru