Buka Halal World 2023, Wapres Dorong Penerapan Standar Halal Global

author Eka Ratna Sari

- Pewarta

Sabtu, 18 Nov 2023 18:24 WIB

Buka Halal World 2023, Wapres Dorong Penerapan Standar Halal Global

Optika.id - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendorong penggunaan standar halal global yang berlaku di seluruh dunia guna memberikan kemudahan akses produk halal kepada masyarakat. Wapres Ma’ruf Amin menyampaikan pesan tersebut ketika membuka acara H20-Halal World 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Menurutnya, penting bagi semua pihak untuk berkomitmen dalam menciptakan kemudahan tersebut dan mendorong adopsi standar halal global.

“Saya mengajak kita semua untuk meningkatkan komitmen dalam menyediakan kemudahan ini. Salah satu hal yang harus kita usahakan bersama adalah penerimaan standar halal global. Ini sangat penting,” ujar Wapres Ma’ruf Amin pada Jumat (17/11/2023) malam.

Baca Juga: Yakin Ada Perbaikan, Kaukus 89 Siap Bergerilya untuk Amin

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh seperti Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki, Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal M. Aqil Irham, serta perwakilan Duta Besar dari berbagai negara.

Wapres juga menegaskan bahwa forum H20-Halal World 2023 menjadi ajang yang strategis untuk mewujudkan standar halal global. Selain itu, penerapan standar tersebut juga dianggap sebagai langkah yang dapat memperkuat hubungan perdagangan antar negara.

“Penerapan standar halal global tidak boleh dianggap sebagai kendala dalam perdagangan internasional. Sebaliknya, itu dapat meningkatkan aliran perdagangan produk halal ke seluruh dunia,” ungkapnya.

Baca Juga: Ma'ruf Amin: Elite Politik Dilarang Menjelekkan Lawan Saat Pemilu 2024

Wapres juga menyoroti bahwa ketidaksepakatan dalam standar akan membatasi kerjasama perdagangan antar negara karena masing-masing pihak enggan menerima produk yang tidak sesuai dengan standar negaranya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dengan demikian, ia menekankan pentingnya adopsi bersama standar halal yang diakui secara universal guna mendukung kelancaran perdagangan produk halal antar negara.

Wapres menyampaikan bahwa ada berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk memperkuat industri halal, termasuk menjadikan produk halal sebagai komunitas utama dalam skala global. Upaya ini memerlukan kerja sama perdagangan antar negara, terutama dengan negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI), untuk meningkatkan ekspor produk halal masing-masing negara.

Baca Juga: Jokowi dan Ma'ruf Amin Targetkan Pertumbuhan Ekonomi 2024 Capai 5,7 persen

Selain itu, Wapres mendorong keterlibatan aktor-aktor utama dalam ekosistem halal untuk mempercepat sertifikasi halal serta mengakui dan menerima produk halal antar negara.

Acara H20-Halal World 2023 berlangsung di Jakarta mulai 17 hingga 21 November 2023 dan dihadiri oleh 500 peserta dari 118 lembaga halal dari 41 negara. Kegiatan ini terdiri dari lima rangkaian kegiatan, seperti Konferensi Halal Internasional, Pameran Halal, Kinerja Ekosistem Halal Indonesia, Tur Halal, dan Klinik Pelatihan Halal.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU