Hadiah Ultah Anak 2 Tahun Sebuah Pesawat Terbang

author Dani

- Pewarta

Minggu, 31 Mar 2024 16:28 WIB

Hadiah Ultah Anak 2 Tahun Sebuah Pesawat Terbang

Oleh: Cak Ahmad Cholis Hamzah

Baca Juga: Nilai Rupiah Anjlok

Surabaya (optika.id) - Saya adalah anak kampung asli Surabaya dari keluarga santri yang tidak pernah di – ulang tahuni orang tua saya, demikian pula kedua almarhumah dan almarhum kakak saya. Itu sudah tradisi kami tidak menyelenggarakan perayaan ulang tahun baik untuk orang tua atau anak. Namun setidaknya saya tahu bagaimana sebuah keluarga menyelenggarakan acara ultah dan apa hadiah yang diberikan kepada anak yang ulang tahun itu. Orang tua jaman sekarang tentu tahu hadiah yang pantas untuk anaknya disesuaikan dengan usia dan perkembangannya misalkan mainan yang bertujuan untuk membangun motorik atau kecerdasaan sang anak. Untuk keluarga yang ekonominya biasa-biasa saja maka harga hadiah ultah kepada anaknya yang kecil itu sekitar ratusan ribu dan belinya bisa di online.

Namun saya terkejut dengan berguman “Gendeng wongiki” (= gila orang ini) ketika membaca berbagai berita tentang Harvey Moeis suami aktris Sandra Dewi memberi hadiah ulang tahun anak pertamanya Raphael Moeis yang masih berusia 2 tahun pada tahun 2919 sebuah pesawat – ya sebuah pesawat yang bukan sembarangan karena kadoitu adalah pesawat jet pribadi tipe Bombardier Challenger 605 yang mampu menampung 12 penumpang. Pesawat ini menawarkan penerbangan yang dilengkapi dengan galeri layanan untuk menyiapkan makanan para penumpang. Dilansir dari laman Global Air, Bombardier Challenger 605 dapat terbang tanpa henti hingga 3.749 mil laut atau setara 6.943 kilometer. Bombardier Challenger 605 dapat terbang dengan kecepatan tertinggi mencapai 870 km/jam.

Soal harganya juga “Gendeng”, Bombardier Challenger 605 dibanderol US$ 14,5 juta atau setara Rp 230 miliar. Tapi, Harvey juga harus mengeluarkan biaya yang tak sedikit untuk membayar kru, parkir, dan sebagainya. Diperkirakan untuk biaya operasional pesawat jet pribadi tersebut, Harvey harus merogoh kocek US$ 554.000 atau sekitar Rp 8,7 miliaran. Biaya tersebut mencakup gaji kru, pelatihan kru, hanggar, asuransi, pengelolaan, dsb.

Sebelumnya, dalam acara Kementerian Keuangan tentang peraturan perpajakan di Jawa Tengah pada 10 Maret 2022lalu, Menteri Sri Mulyani merujuk seorang anak yang menerima pesawat dari orang tua mereka. "Saat ini, di media sosial, anak-anak berusia 2 tahun sudah diberi hadiah pesawat. Bukan pesawat mainan, tapi pesawat beneran," kata Sri Mulyani. Meski tidak secara langsung menyebut Harvey Moeis atau Sandra Dewi, Sri Mulyani mengisyaratkan usia anak penerima pesawat. Dia membuat pernyataan ini saat membahas individu yang termasuk dalam perhitungan pajak.

Baca Juga: Korupsi Turun Temurun

Seperti diketahui Harvey Moeis, telah diidentifikasi sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) sehubungan dengan tuduhan korupsi terkait izin perdagangan timah yang dikeluarkan untuk perusahaanmilik negara Timah. Diduga terjadi antara 2015 dan 2022, skandal korupsi yang terkait dengan Harvey diyakini telah menyebabkan kerusakan lingkungan sebesar Rp 271 triliun ($ 17 miliar), berdasarkan perhitungan oleh pakar lingkungan Profesor Bambang Hero Saharjo dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam skema ini, Harvey memegang peran khusus sebagai perwakilan dari Refined Bangka Tin (RBT), salah satu produsen ingot timah utama di Indonesia, di mana ia memegang saham. Kuntadi, Direktur Investigasi di Kejaksaan Agung, mengatakan Harvey dilaporkan menghubungi mantan Direktur Utama Timah, Mochtar Riza Pahlevi Tabrani, antara 2016 dan 2021 untuk memfasilitasi kegiatan penambangan ilegal di dalam area konsesi Timah.

Selain memiliki jet pribadi, Harvey Moeis memiliki banyak koleksi mobil mewah, termasuk Mercedes-Benz SLS AMG senilai antara Rp 9 miliar dan Rp 10 miliar. Koleksinya juga menampilkan kendaraan seperti Toyota Alphard, Mini Cooper, Lexus LX 570, antara lain. Selain itu, Moeis memiliki kegemaran untuk mobil Ferrari dan memiliki tempat tinggal mewah di Australia.

Baca Juga: Bukan KKB Lagi Tapi OPM

Kado pesawat jet pribadi itu memang fantastis. Pasalnya orang sekaya Elon Musk saja tidak pernah memberikan hadiah ulang tahun yang sangat mewah buat anak-anaknya. Elon Musk hanya menghadiahkan sebuah mainan kecil buat anaknya bernama X ketika berulang tahun ke-3. Tidak heran jika kado pesawat jet pribadi dari Harvey Moeis ke anaknya itu benar-benar membuat banyak orang takjub.

Membahas gaya hidup koruptor Harvey Moeis ini lalu saya lalu teringat wajah-wajah sayu, sedih, kecapean ribuan ibu-ibu seluruh nusantara ini yang seharian antri beras murah demi dapat menyuapi anak-anaknya yang masih kecil yang tidak pernah mendapatkan hadiah ulang tahun–walaupun harganya murah.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU