Selamat Hari Jomblo se-Dunia, Ajang Menyenangkan Diri Sendiri Buat Para Lajang

Reporter : Jenik Mauliddina
17-24-33-jomblo-33484fcbbca3da51959e62141725036a_600x400

Optika.id - Selain 14 Februari sebagai Hari Kasih sayang, ternyata ada juga hari jomblo sedunia loh, tepatnya tanggal 11 November atau 11.11 diperingati sebagai Single's Day atau Hari Jomblo se-Dunia. Hari ini menjadi momen yang tepat untuk merayakan status lajang bagi seseorang.

Perayaan Hari Jomblo Sedunia bukan untuk meratapi karena tak kunjung dapat pasangan, melainkan perayaan tentang sebuah kebebasan dan waktunya jomblo memanjakan diri sendiri.

Perayaan Single's Day bermula di China sejak tsahun 1990-an. Awalnya peringatan tersebut merupakan bentuk protes para mahasiswa Universitas Nanjing terhadap valentine. Selama orang-orang tersebut belum menikah dan tidak memiliki kekasih, mereka berhak merayakan Single's Day.

Perayaan ini dilakukan dengan cara memanjakan diri sendiri. Alasan pemilihan tanggal 11 November adalah karena 11 November atau (11/11) tampak seperti empat batang kayu, yang merupakan bahasa slang Cina yang memiliki arti lajang.

Ternyata, tren ini dengan cepat menyebar dan berkembang menjadi hari libur tidak resmi, di mana orang-orang berstatus jomblo di seluruh Tiongkok memanjakan diri mereka dengan makan malam dan menyenangkan diri dengan berbelanja apa pun yang mereka inginkan.

Orang-orang lajang atau jomblo dibebaskan untuk merayakan dan memanjakan diri mereka dengan berbagai hal yang mereka senangi dan bertujuan menunjukkan bahwa hidup melajang tanpa pasangan pun tetap bisa membuat mereka bahagia.

Singles Day di Tiongkok menjadi ajang berbelanja yang tak jauh beda dengan Black Friday dan Cyber Monday di Amerika Serikat maupun Eropa.

Di tahun 2017, Alibaba pecahkan rekor dunia untuk belanja terbesar, dengan penjualan sekitar US$ 25,3 miliar hanya dalam waktu 24 jam. Pembelian tertinggi berasal dari peralatan rumah tangga, elektronik, dan peralatan mobil.

Meski begitu, Hari Jomblo se-Dunia masih belum umum dirayakan di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, Hari Jomblo Sedunia belum begitu populer. Sementara itu, Indonesia juga memiliki perayaan sendiri untuk Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), yang biasanya jatuh pada tanggal 12 Desember atau (12/12).

Reporter: Jenik Mauliddina

Editor: Pahlevi

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru