LGP Jatim Jodohkan Ganjar-Puan di Pilpres 2024

Reporter : Seno
bendera-ganjar-puan-3_169

Optika.id - Laskar Ganjar Puan (LGP) Jawa Timur mendeklarasikan dukungan agar Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua DPR RI Puan Maharani duet di Pemilihan Presiden 2024.

Bendera dengan warna dasar merah menampilkan Ganjar Pranowo dan Puan maharani berkibar di Surabaya. Bendera berfoto kedua elite PDIP itu dipasang oleh DPD Laskar Ganjar Puan Jawa Timur.

Baca juga: Puan ke Jokowi, Ingin RUU Perampasan Aset Bisa Dipercepat!

"Betul, itu memang suara relawan yang menginginkan Pak Ganjar dan Mbak Puan maju dalam Pilpres 2024," kata Ketua DPD LGP Jatim, Saleh Ismail Mukadar dalam keterangannya beberapa waktu yang lalu.

Bendara Ganjar-Puan yang berkibar itu berukuran 50 x 40 cm. Bendera merah itu ditemukan Optika.id di flyover Pasar Kembang hingga kawasan Jembatan Merah Plaza, Selasa (8/2/2022).

Saleh membeberkan alasan LGP Jatim, yang mayoritas diklaim sebagai kader PDIP, mendukung Ganjar-Puan. Salah satunya agar tak terjadi gesekan.

"Mayoritas kader ini dari PDIP memang, namun ini nonpartai. Memang ini juga suara rakyat, ini nonstruktural partai. Saya ini PDIP, kita senior kita nggak mau partai kita benturan di bawah. Ketika pendukung Pak Ganjar dan Mbak Puan ada gesekan kita nggak mau, kita tampilkan gagasan ini untuk menghindari gesekan di bawah," jelas mantan anggota DPRD Jawa Timur ini.

Sementara itu, relawan Ganjar, Ganjarist, menyebut perjodohan Ganjar-Puan sesuatu yang lucu.

"Ini lucu aja, wong pilpres masih jauh udah dijodoh-jodohkan. Maksudnya saya pilpresnya masih jauh, itu proses perjodohannya juga lucu," kata Ketum Ganjarist Eko Kuntadi, dalam keterangannya, Selasa (8/2/2022).

Baca juga: Puan Sampaikan Terimakasih pada Mahasiswa Usai Revisi UU Pilkada Batal!

Eko menilai perjodohan itu akan ditentukan mekanismenya oleh partai. Oleh karena itu, kata Eko, deklarasi LGP Jatim telah melampaui kapasitas sebagai relawan.

"Relawan itu batasnya melakukan dukungan publik pada tokoh yang memang dianggap punya kemampuan untuk menggantikan posisi Pak Jokowi sebagai Presiden RI nanti 2024. Tapi kita juga tidak mau mengambil proporsi partai yang akan melakukan lobi-lobi politik, yang akan melakukan kerja-kerja politik, mendukung capres dan lain-lain, itu proporsinya ketua-ketua partai," ucapnya.

Lebih jauh, Eko menyebut Ganjarist akan tetap fokus mendorong dan mendukung Ganjar Pranowo maju sebagai capres di Pilpres 2024 meski saat ini Ganjar belum secara gamblang menunjukkan ketertarikannya. Menurut Eko, Ganjarist akan terus menyebarkan informasi kerja-kerja baik Ganjar kepada masyarakat.

"Ganjarist fokusnya adalah mendukung Pak Ganjar sebagai capres, soal nanti partainya yang mana itu nanti urusan para ketua partai, bukan urusan relawan," katanya.

Baca juga: Puan Maharani Setelah di IKN: Rumah Oke, Tidur Nyenyak

"Tujuan atau wilayah relawan itu memberikan support kepada calon-calon yang memang dianggap punya kredibilitas bagus, punya rekam jejak-potensi yang bagus. Jadi kita lihat Pak Ganjar sebagai salah satu putra Indonesia yang memang punya kemampuan itu saya mendukung," pungkasnya.

Reporter: Pahlevi

Editor: Aribowo

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru