Flyover Aloha Sidoarjo Ditargetkan Rampung dalam Waktu 17 Bulan, Hibah Lahan Dipercepat

Reporter : Jenik Mauliddina
Dok: Kominfo Kabupaten Sidoarjo

Optika.id - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo terus mengupayakan proses hibah lahan milik TNI AL guna mempercepat pengerjaan Flyover Aloha Sidoarjo dan Taman Ilyushin yang termasuk salah satu program prioritas Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali.

Plt. Kepala Dinas PU Bina Marga dan SDA Dwi Eko Saptono menjelaskan, proyek pembangunan Flyover Aloha membutuhkan lahan sekitar 1,2 hektar dengan kemiringan 3,8 derajat. Selama proses pembangunan membutuhkan waktu selama 17 bulan.

Baca juga: Sudah Rampung, Flyover Aloha Akan Diuji Coba untuk Libur Nataru

"Tidak hanya membangun Flyover, Pemkab Sidoarjo kata Dwi akan melakukan pelebaran kanalisasi mulai dari pemukiman sekitar 185 meter ke arah Surabaya," ujarnya saat mendampingi Bupati pada pertemuan dengan KASAL Laksamana TNI Yudo Margono di Jakarta, Jumat (25/3/2022).

Ada sekitar 100 lapak yang akan dipindahkan, serta ada 4.392 meter persegi merupakan lahan milik TNI AL. Anggaran yang sudah disiapkan Rp. 2,71 miliar untuk pelebaran jalan ke pemukiman warga desa Bangah. 

Sedangkan untuk pembuatan Taman Ilyushin, Pemkab sudah menyiapkan anggaran Rp.3,2 miliar dengan luas lahan 20.882.79 meter persegi. Dari total luas lahan itu, 1,7 hektarnya akan dikonsep ulang agar menjadi tempat yang representatif dengan tidak merusak pon air, jelas Dwi.

Aslog KASAL Laksamana Muda TNI Puguh Santoso menegaskan, pihak TNI AL menyambut baik dengan dibuatnya skema pinjam pakai. Puspenerbal tolong dicek ijinnya dan segera eksekusi untuk hibah, proses administrasi nanti diurus oleh Lantamal, perintahnya.

Sementara itu, Aslog Lantamal V Letkol Laut (T) Utomo Budi menjelaskan, pembangunan Fly Over dan Taman Ilyushin tersebut masuk dalam prioritas. Secara teknis akan didalami agar tidak menabrak aturan. 

Baca juga: Percepat Hibah Lahan Flyover Aloha Sidoarjo, Gus Muhdlor Temui KASAL Laksamana TNI di Jakarta

 "Taman Ilyushin selesai dikerjakan targetnya bulan Juni mendatang, kata Budi di kesempatan yang sama.

Pada akhir rapat, Plt. Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Sidoarjo Budi Basuki menyampaikan, bahwa dalam pembangunan Taman Ilyushin nantinya akan ada pagar lapangannya. 

Pemkab juga sudah melakukan koordinasi dengan Lanudal untuk relokasi pedagang yang terdampak proyek pelebaran jalan di pertigaan Bangah. 

Sudah ada tempat dan akan dilakukan sosialisasi, pungkasnya. 

Baca juga: Terdampak Flyover JPL 64 Krian Sidoarjo, Warga Mulai Kosongkan dan Bongkar Bangunan

Reporter: Jenik Mauliddina

Editor: Pahlevi

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru