Untuk Layanan Baksos, Pemkot Surabaya Gandeng BUMD-BUMN

Reporter : angga kurnia putra
eri-pantau-hari-terakhir-layanan-terintegrasi

Optika.id-Pemerintah Kota Surabaya berencana menggandeng BUMD dan BUMN untuk terlibat dalam kegiatan Bakti Sosial Layanan Terintegrasi yang digelar serentak setiap bulan di 31 kecamatan di daerah itu.

Camat Genteng Surabaya Muhammad Aries Hilmi di Surabaya, Minggu, mengatakan untuk pelaksanaan baksos di Kecamatan Gubeng, pihaknya berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai pihak, mulai perangkat daerah (PD) Pemkot Surabaya, Kader Surabaya Hebat (KSH), PKK Kota Surabaya, BPJS Kesehatan, dan UMKM.

Baca juga: Haedar Nashir Hadiri Milad Seabad RS PKU Muhammadiyah Surabaya

"Kami juga berencana untuk menggandeng RPH (Rumah Potong Hewan) maupun PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) dan PLN (Perusahaan Listrik Negara) di Kota Surabaya dalam gelaran Baksos Layanan Terintegrasi di bulan depan. Sebab, kami mencoba memberikan solusi terkait permasalahan masyarakat dan bisa diselesaikan dalam satu lokasi," kata Aries Minggu (24/7/2022).

Aries mengatakan pihaknya telah menggelar Baksos Layanan Terintegrasi di Jalan Genteng Sidomukti Surabaya pada 22 Juli lalu.

Dalam baksos tersebut, disediakan berbagai macam pelayanan mulai dari konsultasi kesehatan, pengobatan gratis, pelayanan perangkat daerah (PD), konsultasi keluarga berencana (KB), informasi ketenagakerjaan, layanan izin mendirikan bangunan (IMB) dan Surat Keterangan Rencana Kota (SKRK), layanan administrasi kependudukan (adminduk), dan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Alhamdulillah, sampai pukul 10.30 WIB, sudah 250 peserta yang telah memanfaatkan layanan kesehatan. Jika ditotal sudah mencapai 300 peserta yang memanfaatkan pelayanan publik lainnya," kata dia.

Aries mengatakan antusiasme warga Surabaya terhadap Baksos Layanan Terintegrasi cukup tinggi. Hal ini mengingat juga lokasi pelaksanaan baksos berada di tengah Kota Surabaya.

Baca juga: Pilwali Surabaya, Eri Cahyadi-Armuji Akan Melawan Kotak Kosong?

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sebelumnya mengatakan Bakti Sosial Layanan Terintegrasi ini digelar untuk mendekatkan pelayanan pemerintah kota kepada warga, baik pelayanan kesehatan, perizinan, hingga pelayanan publik lainnya.

Makanya, lanjut dia, ketika warga tidak punya waktu untuk mengurus pelayanan di hari aktif karena bekerja, mereka bisa memanfaatkan acara ini karena sudah dekat dengan rumahnya.

"Acara semacam ini sudah kami mulai pada HJKS (Hari Jadi Kota Surabaya) pada Mei lalu, dan ini terus kami lanjutkan. Jadi, momen HJKS itu menjadi titik awal program ini, dan pelayanan terintegrasi ini akan terus kami lanjutkan setiap bulan sekali," kata Eri.

Baca juga: Gandeng PDGI, Pemkab Lamongan Gelar Baksos Bentuk Peduli Kesehatan Masyarakat

Reporter: Angga Kurnia Putra

Editor: Pahlevi 

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru