Bersih dan Sehat, Masjid Polres Tuban Raih Juara 1 Masjid Award se-Jatim

Reporter : Danny

Optika.id - Salah satu masjid mewah di wilayah Kabupaten Tuban berhasil menjadi juara 1 se Jawa Timur dalam ajang Masjid Award yang diselenggarakan oleh Yayasan Demasindo Jawa Timur, Kamis, 15 Desember 2022.

Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (PDDMI) Kabupaten Tuban mengirimkan 4 masjid di Tuban dengan berbagai nominasi. Akan tetapi, Masjid Baitul Mumin Polres Tuban yang di resmikan pada tahun 2021 itu berhasil juara 1 dengan mengalahkan peserta dari beberapa kabupaten di Jawa Timur dengan kategori masjid sehat dan bersih.

Dalam pelaksanaan Award se-Jatim itu PDDMI Tuban mengirimkan sebanyak 4 nominasi untuk ikut dalam perlombaan. Pertama, Masjid Agung Tuban dengan kategori arsitektur masjid terbaik dan bersejarah. Kedua, Masjid Manarul Walidain Bina Anak Sholeh (BAS) Tuban dengan kategori pemberdayaan ekonomi Masjid terbaik.

Sedangkan, dua Masjid sisanya ada Masjid Masjid Manarul Walidain Bina Anak Sholeh (BAS) Tuban dengan kategori pemberdayaan ekonomi Masjid terbaik.

Keempat Masjid Kabupaten Tuban yang diikutkan lomba langsung dilakukan penilaian oleh dewan juri. Saat itu, Masjid Baitul Mumin Polres Tuban tengah bersaing dengan masjid dari beberapa kabupaten lainnya.

"Alhamdulillah Masjid Polres Tuban dapat juara 1 kategori Masjid Sehat dan Bersih se-Jawa timur. Awalnya ada empat perwakilan dalam empat kategori Masjid yang ditunjuk oleh PD DMI Kabupaten Tuban, dua diantaranya masuk 6 besar," ungkap AKP M Chakim Amrullah, yang merupakan ketua Takmir Masjid Baitul Mumin Polres Tuban.

Tidak hanya itu, terdapat pula masjid-masjid dari berbagai kabupaten yang ikut masuk 6 besar. Dalam kegiatan itu, ada Masjid Bani Solan Kabupaten Magetan, Masjid Jami Baitus Salam Kabupaten Gresik, Masjid Al-FattahKabupaten Tulungagung, Masjid Putih DaarusshalikhinKota Batu serta Masjid Mujahidin Kota Madiun.

Sementara itu, Masjid Besar Husnul Khotimah kecamatan Merakurak kabupaten Tuban berhasil meraih juara 2 kategori manajemen Masjid terbaik.

"Kedepannya kita akan menggandeng pihak yang berkompeten dalam mengelola kebersihan baik didalam maupun diluar Masjid Baitul Mumin sebagai langkah antisipasi bilamana nanti ditunjuk dalam Ajang Masjid Award tingkat Nasional yg mewakili Provinsi Jawa Timur, tambahnya.

Mengetahui hal itu, Kapolres Tuban AKBP Rahman Wijaya memberikan apresiasi atas terpilihnya Masjid Baitul Mumin sebagai masjid kategori bersih dan sehat dalam nominasi Masjid Award Provinsi Jawa timur tahun 2022.

Kapolres mengatakan bahwa masjid itu tidak hanya untuk anggota Polres Tuban. Masjid Baitul Mumin tersebut juga terbuka untuk masyarakat umum yang ingin melaksanakan Ibadah.

"Semoga dengan predikat ini dapat mendorong segenap personel Polres Tuban untuk lebih taat beribadah serta semakin semangat dalam memakmurkan masjid ini. Kami tentu sangat mempersilahkan bagi masyarakat yang hendak melaksanakan ibadah di masjid ini," pungkas AKBP Rahman Wijaya.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru