Berikut 5 Cara Terhindar dari Kolesterol, Nikmati Sajian Natal Tanpa Takut

Reporter : Danny

Optika.id - Liburan Natal dan Tahun Baru akan segera tiba, bukan berarti tidak memperhatikan kesehatan saat Liburan. Apalagi jika mengonsumsi makanan yang tinggi gula secara berlebihan, tentu akan mengundang timbulnya kolestrol di dalam tubuh.

Dalam sebuah penelitian menyebutkan jika pada bulan Januari dianggap sebagai bulan penuh kolestrol setelah banyak orang yang berlibur saat Natal dan Akhir Tahun.

Sebuah studi baru oleh para peneliti Denmark, sembilan dari sepuluh orang memiliki tingkat lipoprotein densitas rendah yang sangat tinggi -kolesterol jahat yang dikenal sebagai LDL, dalam aliran darah mereka selama minggu pertama bulan Januari.

Berikut ini, cara mencegah makanan agar terhindar dari risiko terkena kolestrol saat Natal tiba, Rabu (21/12/2022):

Hindari Daging Berlemak

Alangkah baiknya, saat ingin memasak berbagai hidangan Natal, ada baiknya untuk tidak memilih daging yang berlemak. Sebab, daging berlemak akan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Pilihlah daging yang tak berlemak untuk sajian Natal, lantaran cara ini penting untuk mengurangi resiko naiknya kolesterol. Meski harganya sedikit lebih mahal tapi setidaknya Anda bakal lebih sehat.

Tambah Porsi Buah dan Sayur

serat pada buah dan sayur tak hanya menjaga kesehatan pencernaan, tapi juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Asupan ini juga membantu meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Selain dua menu ini, kamu juga bisa mendapatkan asupan serat dari biji bijian dan kacang kacangan.

Kurangi Penggunaan Butter

Agar rasa kue lebih sedap dan lezat, kebanyakan orang memilih butter saat membuat kue Natal. Padahal, hal ini dapat menambah angka kolesterol dalam darah, lho.

Batasi Penggunaan Gula Tambahan Pada Menu Natal

Selain pada kue kering, batasi penggunaan gula tambahan pada menu Natal lainnya, seperti pada soft drink, dessert, dan lain sebagainya.

Ganti Santan atau Susu

Tidak hanya itu, ganti susu dan santan dengan pengganti yang lebih rendah lemak, misalnya susu non fat atau krimer nabati. Trik ini dilakukan sebagai alternatif buat minuman atau kue dan makanan kolesterol Natal lainnya.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru