Habiskan Dana Rp 120 Miliar, Jalan Ir Soekarno Kota Batu Akan Dilebarkan Sepanjang 4 Km

Reporter : Danny

Optika.id - Kemacetan yang seringkali terjadi di Jalan Ir Soekarno Kota Batu akan segera teratasi. Tahun 2023, jalan milik Provinsi Jawa Timur (Jatim) itu akan segera dilebarkan sepanjang 4 KM.

PJ Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai yang melakukan peninjauan ke lokasi, Senin (23/1/2023), pelebaran jalan dilakukan Pemprov Jatim mulai dari kawasan Jalan Ir Soekarno hingga Jalan Patimura Kota Batu.Kemungkinan dimulai Mei 2023 nanti. Ada 4 kilometer yang dilebarkan dan butuh pembebasan lahan pada 17 titik, ujar Aries Paewai.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat dan Bina Marga PUPRBM Kota Batu, Alfi Nur Hidayat, mengatakan jika perencanaan pelebaran jalan yang diusulkan mulai dari jalur pertigaan Pendem hingga pertigaan Jalan Dewi Sartika.

Itu sudah sesuai Perpres, ruas jalan itu milik provinsi. Pengajuan diarahkan kepada Pemprov Jatim. Rencananya pelebaran Jalan Sukarno ini salah satu agenda dari Perpres 80 Tahun 2019. Hal ini, seperti pengajuan pasar dan kereta gantung, jelas Alfi Nur.

Alfi menambahkan, teknis pelebaran jalan akan memakai box culvert. Alat tersebut digunakan untuk menutup saluran drainase yang sebagai badan jalan tambahan. Nantinya sekalian diperbaiki trotoar di Jalan Ir Soekarno hingga Jalan Pattimura.

Kata Alfi, setiap musim libur, kemacetan menjadi permasalahan yang selalu terjadi. Mengingat volume kendaraan saat hari libur di Kota Wisata Batu sangat tinggi.Kami mencatat saat pergantian tahun 2020-2021 saja kendaraan yang masuk ke Kota Batu tercatat hingga 500 ribu kendaraan dan berdampak kemacetan di jalur utama tersebut, ujarnya.

Alfi menambahkan pengajuan masih terus diupayakan dan dikomunikasikan dengan pemprov. Jika dikalkulasi, pelebaran jalan itu akan memakan anggaran sekitar 120 miliar Rupiah.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru