Jalan Raya Magetan-Ponorogo Ambles, Dishub Magetan Pasang Water Barrier

Reporter : Danny

Optika.id, Magetan - Dinas Perhubungan Magetan melarang kendaraan berat tak lewat Jalan Raya Magetan-Ponorogo via Desa Tulung, Kawedanan agar tidak melintas terlebih dulu. Pasca bahu jalan yang berdekatan dengan jembatan itu amblas pada Sabtu (11/2/2023) dini hari, Dishub sudah memberikan imbauan dan memasang water barrier.

Jalan itu hanya bisa dilewati kendaraan roda dua dan roda empat pribadi dengan sistem buka tutup. Kendaraan berat dari arah Ponorogo ke arah Magetan diimbau untuk melewati Kebonsari atau via Kecamatan Nguntoronadi.

Kami sudah mengimbau agar kendaraan tonase berat tidak melintasi Jembatan Tulung. Mengingat kondisi jalan di dekat jenbatan amblas, kata Kepala Dishub Magetan Welly Kristanto, Minggu (12/2/2023).

Hal tersebut mengacu pada pantauan langsung Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang(DPUPR). Kendaraan tonase berat yang melalui jalan itu akan berbahaya. Selain mengakibatkan tanah semakin amblas, juga menbahayakan bagi kendaraan itu sendiri.

KepalaDPUPR Magetan Muhtar Wakid menilai kondisi tersebut membahayakan jika kendaraan berat tetap melewati jalan tersebut. Pun, pihaknya bakal segera melakukan penanganan.

Akan segera kami tangani, menggunakan dana belanja tidak terduga (BTT). Karena ini berbahaya ya, ini talud yang menyangga bahu jalan yang menghubungkan jalan ke jembatan. Berbahaya jika tidak segera ditangani, kata Muhtar.

Dia juga menjelaskan bahwa kondisi jembatan baik-baik saja. Yang mengalami amblas hanya bahu jalan pendekat jembatan. Talud penyangga bahu jalan itu dibangun pada tahun 2000 bersamaan dengan pembangunan jembatan.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru