43 PPL Petrokimia Gresik Dilatih Jelang Keberangkatan Tugas ke NTB

Reporter : Danny

Optika.id, Gresik - Sebanyak 43 penyuluh pertanian lapangan atau PPL inspirasi mendapat pendidikan khusus dari perusahaan BUMN Petrokimia Gresik. Usai mendapat bekal ilmu dari pendidikan, mereka nantinya bertugas menjaga ketahanan pangan serta menjadi ujung tombak pertanian di NTB. Tujuannya guna mendorong produktivitas pertanian di Nusa Tenggara Barat (NTB).

PPL Inspirasi merupakan key farmer bagi petani di masing-masing wilayah kerjanya. Mereka bertugas memberikan sosialisasi pemupukan berimbang dan kawalan budidaya pada lahan demonstration plot (demplot) di NTB. Khususnya, sub sektor pangan, dan hortikultura mulai dari tanaman padi, jagung dan semangka, Direktur Operasi dan Produksi Petrokimia Gresik, Digna Jatiningsih, Minggu (12/2/2023).

PPL yang Didik itu tersebar di empat Kabupaten yang ada di NTB, yaitu Lombok Timur, Lombok Tengah, Sumbawa dan Bima.

Mereka berkolaborasi dengan tenaga agronomi melalui layanan mobil uji tanah. Dari layanan ini petani dapat mengetahui kandungan tanah di lahannya secara langsung. Petani juga mendapatkan rekomendasi pemupukan yang tepat dan berimbang sesuai kondisi tanah dan kebutuhan tanaman.

Ketika pemupukan presisi maka pemupukan akan menjadi efisien dengan hasil yang optimal untuk peningkatan hasil panen. Layanan mobil uji tanah ini gratis, ungkap Digna.

Adapun rekomendasi pemupukan pada lahan demplot di Kelurahan Leneng menggunakan pupuk nonsubsidi, yaitu dengan mengaplikasikan pupuk NPK Phonska Plus dan Urea.

Pada panen raya ini, dapat kita lihat, produk unggulan Petrokimia Gresik mampu meningkatkan produktivitas padi sebesar 9,3 persen. Dimana pada panen sebelumnya menghasilkan padi sebesar 8,816 ton per hektare, sekarang meningkat menjadi 9,632 ton perhektar, kata Digna.

Dari peningkatan panen tersebut, lanjutnya, petani mendapatkan tambahan pendapatan 4,2 juta per hektare. Keberhasilan ini menunjukan bahwa penggunaan pupuk nonsubsidi berbanding lurus dengan hasil panen yang didapat.

Pilot project ini memiliki andil berkontribusi perusahaan terhadap kebutuhan beras nasional. Kami berharap demplot ini dapat diduplikasi petani lain di sekitar, pungkasnya.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru