Koneksi Hingga ke Malang Selatan, Pemkab Malang Minta Tambah Exit Tol

Reporter : Danny

Optika.id, Malang - Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Malang mengajukan tambahan exit tol yang mengarah ke kawasan selatan. Diharapkan, penambahan exit tol ini lebih bisa tembus hingga ke pesisir Malang Selatan sehingga bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi hingga peningkatan wisatawan.

Kami rencana mengajukan tambahan untuk exit tol agar terkoneksi ke Malang selatan, ungkap Kepala Bappeda Kabupaten Malang, Tomy Herawanto, Senin (13/2/2023).

Tomy menjelaskan, tambahan untuk exit tol itu di wilayah Kecamatan Gondanglegi. Apalagi, status jalan menuju pantai selatan melewati Gondanglegi itu sudah ditingkatkan.

Kalau exit-nya ditambah di Gondanglegi nampaknya pas. Karena ini ada peningkatan status jalan, supaya mendekat dengan kawasan pesisir Malang Selatan, tegasnya.

Menurut Tomy, konsepnya adalah exit tol tidak jauh dari jalan arteri. Ia menyebut, sebelumnya ada lima exit tol di Kabupaten Malang yakni di Kendalpayak, dua di Pakisaji, di Kepanjen, dan wilayah Kecamatan Tajinan.

Kalau disetujui usulan penambahan exit tol itu, maka akan ada enam exit tol di wilayah Kabupaten Malang, kata Tomy.

Sebelumnya, trase jalan tol Malang-Kepanjen mengalami perubahan karena masih perlu dilakukan evaluasi terhadap pembebasan lahan. Rencana tapak jalur tol Malang-Kepanjen itu telah diketahui titik koordinatnya. Akibatnya, target tol Malang-Kepanjen tuntas di 2024 akan mundur.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru