Lamongan Gelorakan Minat Baca dengan Menggaet GPMB!

Reporter : Danny

Optika.id - Pemerintah Kabupaten Lamongan bersama Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Lamongan gandeng Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kabupaten Lamongan untuk gelorakan minat baca.

Baca juga: Bupati Lamongan Serahkan PTSL untuk Bebaskan BPHTB

Minat baca merupakan pondasi penting dalam membentuk sumber daya manusia yang berkulitas. Yangmana juga akan berpengaruh pada indeks pembangunan manusia. Karena dengan minat baca yang tinggi akan memiliki pengetahuan yang luas dan terverifikasi.

Pemerintah Kabupaten Lamongan sangat memberikan dukungan pada kegiatan peningkatan indeks literasi masyarakat. Bentuk dukungan berupa fasilitasi dan inovasi ragam program yang ada kolerasinya dengan kegiatan literasi. Maka dari itu literasi harus digelorakan sejak dini karena akan menentukan kualitas sumber daya manusia berkualitas kedepannya, tutur Bupati yang akrab disapa Pak Yes saat menghadiri kegiatan pelantikan GPMB Kabupaten Lamongan periode 2023-2027, Kamis (14/9) di Kantor Dinas Arpuda Kabupaten Lamongan.

Baca juga: Resmi, 27 Pasangan di Lamongan Ikut Itsbat Nikah Terpadu!

Menurut Kepala Dinas Arpusda Kabupaten Lamongan Fara Damayanti, peran GPMB ini ialah sebagai pembuka jalan agar minat baca di Lamongan semakin meningkat. Meskipun pada tahun 2022 minat baca di Kabupaten Lamongan sudah dapat dikategorikan baik yakni 70,90ngan frekuensi membaca 72,5n frekuensi akses internet dan bahan informasi 75,6%.

Hadirnya GPMB di Kabupaten Lamongan ini harus menjadi pembuka jalan bagi masyarakat agar lebih meningkatkan minat bacanya. Karena membaca merupakan bagian dari literasi. Disamping itu membantu berjalannya program inovasi yang sudang dicanangkan oleh Pemkab Lamongan, seperti gerakan Lamongan membaca satu hari satu buku, Lamongan membaca, Lamongan menghafal, dan lainnya, ungkap Fara.

Baca juga: Gerak Jalan SMP-SMA Lamongan, Semarakkan HUT ke-79 RI!

Selanjutnya Fara juga meminta kepada GPMB Kabupaten Lamongan agar melanjutkan tugasnya dengan membentuk gerakan hingga tingkat desa. Yang bertujuan agar kampanye minat baca dapat tersampaikan dengan cepat dan merata keseluruh lapisan masyarakat.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru