Rapat Awal Tahun, Pak Yes Tekankan Penajaman Visi

Reporter : Danny

Optika.id - Menapaki awal tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Lamongan menggelar coffee morning dalam rangka percepatan kinerja pembangunan tahun 2024, Selasa, (2/1/2023) di aula Gadjah Mada Pemkab Lt.7.

Saat memberikan arahan, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menekankan kepada seluruh elemen Pemerintah Kabupaten Lamongan harus melakukan penajaman visi Lamongan. Visi Kota Soto sendiri ialah "Mewujudkan Kejayaan Lamongan yang Berkeadilan". 

Baca juga: Festival Kerapu Lamongan, Pertegas Potensi Desa Labuhan Sebagai Produsen

Penajaman kunjungan disini harus kita lakukan agar kinerja lebih terarah, sehingga semua yang kita garap berdampak pada kesejahteraan masyarakat Lamongan, tegas Bupati yang akrab disapa Pak Yes.

Penajaman visi tersebut dapat dilakukan dengan realisasi 11 program prioritas yang masih menjadi fokus tahun ini. 11 program prioritas Kabupaten Lamongan antara lain pendidikan berkualitas dan gratis bagi masyarakat kurang sejahtera (Perintis), Lamongan sehat, Wirausaha Muda Sukses (YA), Jalan Mantap dan Alus (Jamula), Lumbung Pangan Lamongan, UMKM, Pemda dan Olahraga, Gerakan membangun pariwisata ramah dan terintegrasi (Rama Sinta), Yakin Semua Sejahtera (YES), 100 persen pelayanan publik berkualitas, dan desa berjaya.

Tahun ini saya masih fokus untuk merealisasikan penuntasan 11 program yang saya gunakan bersama Pak Rouf. Seluruh OPD yang bertanggung jawab akan masing-masing program harap melakukan akselerasi pelaksanaannya, tutur Pak Yes.

Baca juga: Anugerah Pandu Negeri, Tata Kelola Lamongan Diakui Internasional

Pada program prioritas Jamula sendiri tahun 2023 sudah menuntaskan pembangunan fisik Lamongan dalam persentase 76%, dan ditargetkan 90% tuntas pada tahun 2025 mendatang. Begitupun dengan penyediaan air bersih untuk masyarakat terealisasi 54% pada tahun 2023 yang tentu akan meningkat. Adapun showroom UMKM Lamongan sebagai pendukung kenaikan perekonomian juga akan dibuka pada Februari mendatang.

Meskipun sudah berhasil mencapai target indikator kinerja makro tahun 2023, Pak Ya meminta seluruh elemen tidak cepat puas. Sehingga tahun 2024 mampu rebound dalam segala aspek.

Baca juga: Kalapas Lamongan Serah Terima Jabatan, Sinergi Wujudkan Lingkungan Nyaman!

"Indikator mayoritas kinerja makro 2023 melampaui target. Seperti pada persentase penduduk miskin yang berhasil turun pada angka 12,42 dari angka semula 12,53 pada tahun 2022. Menampilkan positif pada nilai tukar petani tahun 2023 yakni 116 dari angka 109,26 pada tahun 2022, Begitupun pada indikator lainnya. Prestasi tersebut selain dipertahankan juga harus ditingkatkan, maka dari itu terus melakukan inovasi, komunikasi, dan tetap berhati-hati agar mampu meningkatkan capaian untuk masyarakat, pinta Pak Yes.

Pada kesimpulan orang nomor 1 di Lamongan berharap agar semua program atau kegiatan positif yang dilakukan bersifat berkelanjutan. Seperti program Megilan Entrepreneur, showroom UMKM, kalender event, mini Mall Pelayanan Publik (MPP), dan masih banyak lagi.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru