Edukasi Gizi Laut oleh FKH UNAIR untuk Lansia di Bulak Surabaya

Reporter : Danny

Surabaya (optika.id) - Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga (UNAIR) melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan untuk mencegah demensia pada lansia. Kegiatan yang berlangsung pada Selasa, (16/7/2024) ini melibatkan Kelompok Istri Nelayan "NELAYANQ" di Kecamatan Bulak, Kota Surabaya.

Ketua Pelaksana, Dr. Kadek Rachmawati, drh., M.Kes., menjelaskan pentingnya edukasi mengenai manfaat gizi hasil laut seperti ikan dan kerang bagi kesehatan otak lansia. "Para lansia di Kecamatan Bulak memiliki pemahaman yang salah bahwa mengonsumsi ikan dapat meningkatkan kolesterol dan asam urat. Padahal, protein dan asam lemak Omega-3 dalam ikan sangat bermanfaat untuk mencegah demensia," tegas Dr. Kadek.

Selain Dr Kadek, kegiatan ini juga dihadiri oleh Dr Sukmanadi, drh MKes dan Dr Irasari Yudaniayanti, drh MKes. Adapula beberapa dosen lainnya dari UNAIR, seperti Prof Dr Wurlina, drh MS, Dr Kuncoro Puguh Santoso, drh MKes, dan dr Desak Ketut Sekar Cempaka Putri Sp.JP turut berpartisipasi dalam acara ini.

Kecamatan Bulak dipilih karena selain dekat dengan kampus Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) UNAIR, juga dikenal sebagai penghasil produk laut yang melimpah namun masih diolah secara sederhana. "Kami memberikan pelatihan diversifikasi produk hasil laut seperti membuat rengginang ikan asap, stik ikan, abon ikan, bakso ikan, dan sosis ikan. Dengan begitu, produk ini tidak hanya bisa dikonsumsi sendiri tapi juga bisa dipasarkan," ujarnya. 

Acara ini diikuti oleh 40 ibu-ibu lansia, meskipun awalnya hanya diharapkan dihadiri oleh 30 orang. Antusiasme warga terlihat dari banyaknya peserta yang hadir dan keaktifan mereka dalam sesi tanya jawab. "Biasanya pertanyaan yang muncul terkait dengan ketakutan lansia dalam mengonsumsi ikan karena takut kolesterol, asam urat, bahkan diabetes," tambah Dr. Kadek.

Kegiatan pengmas ini didanai oleh UNAIR dan merupakan bagian dari program tahunan yang telah berlangsung sejak 2020. Sebelumnya, kegiatan difokuskan pada pengembangan UMKM dan penanganan stunting. Tahun ini, fokus utama adalah pencegahan demensia pada lansia.

Dr. Kadek berharap masyarakat Bulak, terutama ibu-ibu istri nelayan, lebih memahami manfaat ikan dan dapat menjadi penggerak keluarga untuk gemar makan ikan. "Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang gizi dan kesehatan, sehingga kualitas hidup lansia di Kecamatan Bulak bisa lebih baik. Ayo makan ikan, baik tua, muda, maupun anak-anak," tutup Dr. Kadek.

Penulis: Tim Pengmas FKH

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru