Pemkot Surabaya Rencanakan Bangun Rumah Pompa Air Baru pada 2025 Demi Atasi Banjir

Reporter : Wildan Nanda

Optika.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berencana membangun rumah pompa baru pada tahun 2025 mendatang.

Tujuan pembangunan ini adalah untuk mengatasi masalah banjir di Surabaya, sejalan dengan rancangan yang tertuang dalam Surabaya Drainase Master Plan (SDMP).

Baca juga: Aktivisi Ini Dukung Kotak Kosong dalam Pesta Demokrasi Pilwali Surabaya!

Anggota DPRD Surabaya, Aning Rahmawati, menyatakan bahwa pemkot telah menyusun Rencana Kerja Anggaran (RKA) tahun 2025 untuk penanganan banjir di Surabaya.

Salah satu rencana dalam RKA tersebut adalah pembangunan rumah pompa baru pada tahun depan.

"Dalam RKA tersebut ada tiga lokasi yang akan dibangun. Namun, saat ini masih berupa RKA dan belum menjadi DPA. Setelah komisi-komisi terbentuk, kami berencana memanggil kembali pihak pemkot untuk memfinalisasi RKA ini," kata Aning, Jumat (11/10/2024).

Baca juga: Kisah Alumni Asrama Bibit Unggul, Keluarga Tak Mampu Sampai Jadi Kepala Dinas

Terkait besaran anggaran yang akan digunakan untuk pembangunan rumah pompa tersebut, Aning menyebutkan bahwa nilai anggarannya akan berbeda-beda di setiap lokasi.

Ia menjelaskan bahwa tiga lokasi yang tercantum dalam RKA adalah rumah pompa di Dukuh Menanggal, Ronggolawe, dan Bukit Barisan.

Pemilihan lokasi ini didasarkan pada sejumlah pertimbangan.

Baca juga: Pemkot Surabaya Terus Lakukan Sosialisasi PHBS Cegah Endemi MPOX

Sebagai contoh, titik Dukuh Menanggal dipilih karena lokasi tersebut menjadi hulu penanganan banjir untuk wilayah Surabaya Timur.

"Untuk hilirnya ada di Medokan Ayu Wonorejo. Di wilayah ini, jika terjadi banjir rob, air masih meluap cukup parah, namun jika tidak ada rob, kondisinya sudah membaik. Berdasarkan SDMP, titik ini masih memerlukan pembangunan rumah pompa," jelasnya.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru