Komnasdik Kota Surabaya dan Rumah Pintar Matahari Bangun Sinergisitas

author Denny Setiawan

- Pewarta

Selasa, 28 Des 2021 23:39 WIB

Komnasdik Kota Surabaya dan Rumah Pintar Matahari Bangun Sinergisitas

i

Untitled-1

Optika.id, Surabaya - Di penghujung tahun 2021, Rumah Pintar Matahari (RPM) yang merupakan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) dibawah naungan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Krembangan Surabaya mengunjungi Ketua Komisi Nasional Pendidikan (KNP) kota Surabaya di gedung SD Muhammadiyah 29 Surabaya.

Humas Rumah Pintar Matahari, Yuda Panuluh SE., menjelaskan, kunjungan tersebut dalam rangka membangun kerjasama antara pihak RPM yang mempunyai anak-anak binaan baik yatim, dhuafa, jalanan, dan telantar dengan pihak Komnasdik kota Surabaya.

Baca Juga: SSGI 2023 Catat Angka Stunting Surabaya Capai 1,6 Persen

"Rumah Pintar Matahari mempunyai anak-anak binaan sekitar 250 an di shelter makam karang tembok, kampung seng, seputaran jalan sasak ampel, jembatan merah, dan kampung 1001 malam yang dibina relawan RPM kerja bareng PCM dan PCA Krembangan Surabaya, baik hafalan surat-surat pendek juz 30, tata cara wudhu, sholat, juga pelajaran umum," ungkap Yuda, Selasa (28/12/2021)

RPM kedepannya juga akan membantu membina hasil UMKM seperti di kampung 1001 malam yang telah dapat memproduksi keripik bayam, keripik pare, brownies bayam, lampion, sofa, maupun hasil sulam untuk peningkatan kualitas dan pemasarannya.

Dalam kegiatannya, Rumah Pintar Matahari selama tahun 2021 telah beberapa kali bersinergi dengan komunitas lain diantaranya : menggelar pelatihan las listrik gratis bersama Komunitas Muda-Mudi Surabaya (KMS) di halaman SMP Muhammadiyah 11 Surabaya Muven juga dengan pemuda usia produktif kampung 1001 malam.

Selain itu juga menggelar Khitan Gratis bersinergi dengan KMS, Komunitas Khitan Travelers, Rumah Singgah Peduli, Komunitas Sedekah Jumat, Griya Khitan Gardenia, Rumah Luka Surabaya Utara, Khitan Care Surabaya, Khitan Modern Anang, Rumah Luka dan Khitan Bang Ipul.

"Nah, dari beberapa sinergi dengan komunitas, pihak RPM berharap untuk tahun 2022 juga bisa bersinergi dengan pihak Komisi Nasional Pendidikan kota Surabaya dalam menunjang pendidikan anak-anak binaan kami," harap Yuda.

Baca Juga: Alasan Jokowi Batal Hadir Berikan Penghargaan Satyalancana di Surabaya

Ditempat yang sama, Ketua Komnas Pendidikan kota Surabaya, Jatim MA, sangat mengapresiasi kunjungan Humas Rumah Pintar Matahari dalam rangka membangun sinergi dengan pihak KNP, dimana RPM merupakan salah satu lembaga sosial yang konsisten dalam kegiatan pembinaan kepada anak-anak yatim, dhuafa, jalanan, dan telantar. "Mudah-mudahan di tahun 2022 pihak Komnasdik kota Surabaya bisa bersinergi dalam pendidikan dengan Rumah Pintar Matahari," pungkasnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Reporter: Denny Setiawan

Editor: Amrizal

Baca Juga: Peta Politik Kekuatan Partai Pemilu di Surabaya

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU