5 Tips Turunkan Berat Badan, Sebelum Tahun Baru

author Mei Nurkholifah

- Pewarta

Rabu, 29 Des 2021 02:28 WIB

5 Tips Turunkan Berat Badan, Sebelum Tahun Baru

i

5 Tips Turunkan Berat Badan, Sebelum Tahun Baru

Optika.id - Liburan natal membuat banyak orang mengalami kenaikan berat badan, tak bisa dipungkiri saat kita liburan juga diadakan pesta makan. Tentunya, setelah natal pasti juga akan disusul dengan pesta tahun baru.

Tahun baru orang juga pasti akan mengalami kenaikan berat badan karena mengkonsumsi berbagai lemak dalam beberapa jenis makanan.

Baca Juga: Berlari dari Depresi: Olahraga Efektif Tingkatkan Kesehatan Mental

Untuk itu tak jarang juga beberapa orang berusaha menurunkan berat badan dengan cepat agar terlihat ideal saat tahun baru.

Hampir 500.000 cedera terkait latihan menurunkan berat badan, salah satu alasannya yaitu orang - orang ingin melakukan secara cepat dan praktis.

Berikut ada beberapa cara untuk menurunkan berat badan agar bisa tampil percaya diri di tahun 2022, Senin (27/12/2021): 

Menghindari makanan yang manis - manis

[caption id="attachment_11652" align="alignnone" width="300"] Menghindari makanan yang manis - manis[/caption]

Saat natal pasti identik dengan makanan yang manis - manis seperti permen dan coklat, sebaiknya anda menghindari makanan tersebut jika ingin tampil pede dan terhindar dari penyakit diabetes.

Meskipun gula tidak seburuk lemak jenuh, garam, ataupun kalori, Anda tetap perlu membatasi konsumsi makanan manis tersebut. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan asupan gula sebanyak 5% dari total kalori harian seseorang.

Sementara Kemenkes RI menganjurkan konsumsi gula harian sebesar 10% dari total kebutuhan kalori per hari (200 kkal). Jumlah ini setara dengan 4 sendok makan atau 50 gram gula per hari, untuk tiap orangnya. Pembatasan asupan ini bertujuan untuk mencegah risiko diabetes dengan mengontrol kadar gula darah.

Air

[caption id="attachment_11650" align="alignnone" width="300"] Air[/caption]

Air memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi tubuh, selain untuk kesehatan, air juga bagus untuk menjaga kebugaran secara keseluruhan.

Anda disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter setiap harinya. Sementara itu, wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 2,5 liter per hari dan wanita menyusui 3 liter per hari

Baca Juga: Gelora Delta Sidoarjo Siap Berbenah Jadi Stadion FIFA, Mulai Dikerjakan Akhir Januari Nanti

Banyak Konsumsi Buah dan sayur

[caption id="attachment_11649" align="alignnone" width="300"] Banyak Konsumsi Buah dan sayur[/caption]

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sayur dan buah memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan dan organ pencernaan dalam tubuh, sayur dan buah juga dapat memelihara kesehatan kulit.

Hindari alkohol

[caption id="attachment_11648" align="alignnone" width="300"] Hindari alkohol[/caption]

Menghindari minuman alkohol hingga menjelang tahun baru dapat membuat kulit ada lebih sehat dan halus.

Selain itu alkohol juga dapat menyebabkan menurunnya fungsi otak, bila terlalu sering mengonsumsi alkohol. Hal ini dikarenakan bahaya alkohol dapat mengganggu kinerja zat kimiawi di otak yang berfungsi sebagai pengatur fungsi otak. Akibatnya, alkohol yang diminum berlebihan dapat menurunkan fungsi otak Anda. Kehilangan koordinasi, berkurangnya refleks tubuh, menurunnya penglihatan

Sering berolahraga

[caption id="attachment_11647" align="alignnone" width="300"] Sering berolahraga[/caption]

Baca Juga: Ingin Liburan Terjamin dan Aman? Coba Asuransi Ini!

Mungkin saat ini anda belum merasakan manfaat dari berolahraga, namun hasil tersebut akan kelihatan setelah 5 - 10 tahun kedepan, saat anda mulai merasakan berbagai macam penyakit yang hadir dalam tubuh anda.

Reporter: Mei Nurkholifah

Editor: Amrizal

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU