Pemkab dan Pemkot Malang Tak Anggarkan Mudik Gratis Tahun Ini

Reporter : Jenik Mauliddina
Pemkab dan Pemkot Malang Tak Anggarkan Mudik Gratis Tahun Ini

Optika.id, Malang - Pemerintah Kota Malang maupun Kabupaten Malang tidak menyediakan program mudik gratis pada Lebaran 2022. Kedua pemerintah daerah tidak mengalokasikan anggaran untuk program mudik gratis tahun ini.

Dinas Perhubungan Kota Malang, Heru Mulyono mengatakan, Tahun 2022, Dishub tidak menyelenggarakan mudik gratis. Karena sebelumnya dalam pembahasan APBD tahun 2021  alokasikan anggaran untuk mudik gratis tidak terserap karena pandemi COVID-19

Baca juga: Pelindo Ungkap 65 Ribu Pemudik Pulang Lewat Pelabuhan Tanjung Perak

"Saat penyusunan anggaran APBD 2022 di pertengahan tahun 2021, tidak dialokasikan (mudik gratis). Karena saat tersebut belum ada arahan adanya mudik gratis dari Kemenhub," ujarnya, Rabu (20/4/2022).

Senada juga disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Malang, Bambang Istiawan. Bahwa program mudik 2022 tidak digelar karena terkendala anggaran. pihaknya belum mendapat informasi adanya instansi ataupun swasta yang mengadakan mudik gratis.

"Tahun ini kita tidak mengadakan mudik gratis karena kami kan belum tahu waktu itu, mudik boleh apa tidak. Kemudian secara penganggaran sudah berjalan di tahun 2022, jadi sementara belum," jelasnya terpisah.

Baca juga: Polda Jatim Gandeng Dishub untuk Berikan Atensi di Pelintasan KA Selama Mudik Berlangsung

Sementara menanggapi persyaratan mudik harus sudah menerima vaksin dosis tiga atau booster, Bambang menambahkan, Dinas Perhubungan Kabupaten Malang akan melakukan pengecekan dokumen perjalanan warga yang menyertakan bukti vaksinasi lengkap.

"Vaksin dosis ketiga (Booster) nanti akan ada pengecekan secara acak. Pembatasan ada tapi kebebasan lebih longgar dari pada saat COVID-19 mewabah parah," ungkapnya.

Reporter: Jenik Mauliddina

Baca juga: Berikut Ini Jam-Jam Favorit Masyarakat Saat Mudik dari Hasil Survei Kemenhub

Editor: Pahlevi

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru