Diprediksi Jalur Darat Macet Total, Masyarakat Diimbau Mudik Lebih Awal

Reporter : Jenik Mauliddina
Diprediksi Jalur Darat Macet Total, Masyarakat Diimbau Mudik Lebih Awal

Optika.id, Sumenep - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat mudik lewat darat agar mudik lebih awal untuk menghindari penumpukan arus kendaraan saat arus mudik lebaran 2022.

Ia menilai akan terjadi kepadatan luar biasa di jalur darat dibandingkan dengan mudik menggunakan transportasi Udara, ataupun kereta api. Oleh karena dirinya mengingatkan dinas terkait untuk menyiapkan skema rekayasa lalu lintas guna menghindari kemacetan total.

Baca juga: Pelindo Ungkap 65 Ribu Pemudik Pulang Lewat Pelabuhan Tanjung Perak

"Ada 23 juta mobil yang akan mudik, akan ada 17 juta sepeda motor yang akan mudik, angka-angka ini bukan angka yang kecil, sehingga saya ingatkan, sudah tiga kali kita ratas (rapat terbatas)-kan, untuk manajemen lalu lintasnya betul-betul disiapkan," papar Jokowi disela melakukan kunjungan kerja ke Pasar Bangkal, Sumenep, Madura, Rabu (20/4/2022)

diprediksi tanggal 28 April hingga 30 April 2022 akan terjadi kemacetan total jika tidak ada persiapan pengaturan lalu lintas yang matang. Sejumlah skema telah dipersiapkan untuk pemudik yang menggunakan jalur darat seperti mobil dan sepeda motor.

"Yang sudah disiapkan (rekayasa lalu lintas) adalah pengaturan ganjil genap, pengaturan untuk satu arah (one way) dan untuk sementara truk dikeluarkan dari jalan tol maupun jalan nasional yang akan dipakai," ucap dia.

Baca juga: Polda Jatim Gandeng Dishub untuk Berikan Atensi di Pelintasan KA Selama Mudik Berlangsung

Ia sekali lagi mengimbau masyarakat yang memilih mudik menggunakan jalur darat untuk menghindari tanggal-tanggal yang diprediksi sebagai puncak arus mudik. Disarankan untuk mudik lebih awal untuk menghindari kemacetan.

"Lebih awal mudiknya, ya lewat darat dan pakai mobil. Karena betul-betul angka 23 juta itu bukan angka kecil, 17 juta sepeda motor bukan angka kecil," imbuh Jokowi.

Reporter: Jenik Mauliddina

Baca juga: Berikut Ini Jam-Jam Favorit Masyarakat Saat Mudik dari Hasil Survei Kemenhub

Editor: Pahlevi

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru