Operasi Ketupat Hadapi Arus Mudik Lebaran, Polda Jateng Siagakan 11 Ribu Personel

Reporter : Akbar Akeyla
Foto pelaksanaan Rapat Koordinasi Kesiapan Dalam Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2022, di Kantor Pusat Jasa Marga Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, pada, Sabtu (23/4/2022). (Source: kominfo)

Operasi Ketupat Hadapi Arus Mudik Optika.id - Ahmad Luthfi selaku pihak dari Kapolda Jawa Tengah mengungkapkan bahwa pihaknya akan menyiagakan personel-personelnya di seluruh wilayah jalur mudik, seperti di jalur Pantai Utara, di Jalur Selatan, jalur Pantai Selatan, jalur perbatasan, hingga di 21 pos rest area yang berada di Provinsi Jawa Tengah.

Dirinya kemudian menyampaikan, pengamanan jalur mudik atau yang akan disebut sebagai Operasi Ketupat di Provinsi Jawa Tengah tersebut, akan menyiagakan sekitar 11 ribu personal hingga 1000 personel tambahan yang beradal dari TNI berserta dinas-dinas terkait lainnya yang tersebar di  251 pos jaga. 

Baca juga: Pelindo Ungkap 65 Ribu Pemudik Pulang Lewat Pelabuhan Tanjung Perak

Tak hanya itu, Polda Jateng juga akan menerapkan sistem one way serta ganjil genap apabila arus mudik menjadi padat.

Selain itu, Polda Jateng juga akan menyiapkan tim urai, penyediaan truk tangki BBM yang akan diletakkan di rest area yang tidak mempunyai SPBU, serta menyiagakan SPBU mobile untuk meng-cover mereka yang kehabisan bahan bakar di jalan. 

"Rest area juga disiapkan dengan fasilitas yang sebaik mungkin, serta disediakan gerai vaksinasi untuk vaksin booster," terang Kapolda Jateng.

Baca juga: Polda Jatim Gandeng Dishub untuk Berikan Atensi di Pelintasan KA Selama Mudik Berlangsung

Sebagai informasi, hal tersebut disampaikan oleh Polda Jateng disaat tengah mengikuti rangkaian acara Rapat Koordinasi Kesiapan Dalam Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2022, di Kantor Pusat Jasa Marga Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, pada, Sabtu (23/4/2022) lalu.

Rapat Koordinasi yang diselenggarakan oleh Muhadjir Effendy selaku Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) bersama dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tersebut juga sempat diikuti oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Reporter: Akbar Danis

Baca juga: Berikut Ini Jam-Jam Favorit Masyarakat Saat Mudik dari Hasil Survei Kemenhub

Editor: Pahlevi

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru