Pemerintah Tinjau Beberapa Titik Guna Antisipasi Puncak Arus Mudik Lebaran

Reporter : Akbar Akeyla
Muhadjir Effendy selaku Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) saat tengah melakukan tinjauan kerja menuju Tol Cikampek. (Source: kominfo)

Optika.id - Pemerintah pusat memastikan keamanan layanan mudik yang baik dan sehat. Pihak mereka juga akan meninjau terkait persiapan mudik lebaran yang rencananya akan dilakukan di Pelabuhan Merak dan Tol Cikampek.

Hal ini disampaikan oleh Muhadjir Effendy selaku Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) bersama dengan Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo selaku Jenderal Kapolri, serta Basuki Hadimuljono selaku Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri PUPR.

Baca juga: Pelindo Ungkap 65 Ribu Pemudik Pulang Lewat Pelabuhan Tanjung Perak

Dalam peninjauannya tersebut, Menko PMK akan memantau berbagai kesiapan di beberapa titik arus mudik. Mulai dari moda transportasi di pelabuhan, serta berbagai posko dan fasilitas yang akan disediakan oleh pemerintah.

Secara umum, saya lihat sudah sangat bagus persiapan di Merak dan rest area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek ini dalam mengantisiapsi arus mudik dan arus balik. Saya sangat mengapresiasi kesiapan para petugas dalam mengantisipasi arus mudik dan arus balik libur Lebaran 2022, ungkap Menko PMK pada, Rabu (27/4/2022).

Menurutnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada kesempatan sebelumnya juga telah mengimbau para masyarakat terkait rencana mudik yang sebaiknya dilaksanakan sebelum tanggal prediksi puncak arus mudik yakni 28 April mendatang untuk menghindari kemacetan arus mudik.

Sebagaimana arahan presiden, pelaksanaan mudik diharapkan dapat dilaksanakan lebih cepat lebih baik. Agar di H-4 bisa kita antisipasi kemacetan yang tinggi, terangnya.

Hingga saat ini, jumlah pemudik tahun ini juga akan diperkirakan meningkat dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya mencapai angka 33 juta orang di tahun 2019, sedangkan saat ini diperkirakan sebanyak 80 juta lebih orang yang akan mudik.

Baca juga: Polda Jatim Gandeng Dishub untuk Berikan Atensi di Pelintasan KA Selama Mudik Berlangsung

Pada 2019 sebagai perbandingan, hanya 33 juga yang mudik. Jadi ini kenaikannya sangat luar biasa, untuk itu kita rekayasa betul sebaik-baiknya, pungkas Menko PMK.

Sebagai informasi, pada arus mudik tahun ini, telah diprediksi sebanyak 8,9 juta orang akan mudik menggunakan mode transportasi udara berupa pesawat yang hanya mencapai angka sekitar 10 persen dari total pemudik yang diprediksi mencapai 85,5 juta orang.

Sedangkan di wilayah Jawa Tengah sendiri, telah disiapkan 19.263 personil guna mendukung kelancaraan arus mudik Lebaran tahun 2022 yang berasal dari Polri 11.555 personil, TNI 1.513 personil, Dinas Perhubungan 882 personil, dan 5.313 personil instansi pendukung.

Baca juga: Berikut Ini Jam-Jam Favorit Masyarakat Saat Mudik dari Hasil Survei Kemenhub

Reporter: Akbar Danis

Editor: Pahlevi

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru