Diduga Membahayakan, Warga Jombang Musnahkan 3 Sarang Tawon Vespa

Reporter : Danny

Optika.id - Petugas Damkar (Pemadam Kebakaran) Pos Mojoagung Kabupaten Jombang Jawa Timur memusnahkan tiga sarang tawon di lokasi berbeda. Sarang tawon jenis vespa tersebut sangat membahayakan warga. Karena berada di dekat permukiman padat penduduk.

Lokasi pertama dan kedua di Dusun Kebonsari Desa Karangwinongan Kecamatan Mojoagung. Sedangkan lokasiketiga di Dusun Balongombo Desa Talunkidul Kecamatan Sumobito. Pemusnahan sarang tawon tersebut dengan cara dibakar. Selain itu, petugas juga menggunakan cairan pembasmi serangga.

Pemusnahan sarang tawon di Dusun Balongombo dilakukan pada Jumat (13/1/2023) malam. Sarang tersebut berada di atas pohon samping rumah milik Sakim, warga setempat. Sudah satu minggu terakhir ini Sakim dan keluarganya resah. Pasalnya, di atas pohon dekat rumahnya ada sarang tawon berukuran besar.

Padahal, di lokasi tersebut sering digunakan untuk aktivitas warga. Bahkan, anak-anak kecil juga sering bermain di lokasi itu. Pernah suatu waktu, anak-anak sedang bermain, tawon vespa muncul dan mengejar mereka. Tapi tidak sampai ada korban. Ya, sangat meresahkan. Makanya kami minta bantuan petugas Damkar untuk memusnahkan sarang tersebut, ujar Sakim.

Begitu sarang tawon berhasil dimusnahkan, Sakim berucap syukur. Karena bahaya yang mengancam dirinya dan keluarga sudah musnah. Kalau sudah dibakar, kita merasa aman. Anak-anak juga bisa bermain dengan bebas di bawah pohon, ujar warga Desa Talunkidul Kecamatan Sumobito Jombang ini.

Petugas Damkar Mojoagung Reza Maulana menambahkan, pemusnahan sarang tawon tersebut sangat susah. Pasalnya, lokasi sarang tawon sangat tinggi, yakni di atas pohon, sekitar empat meter. Makanya ketika hendak dimusnahkan pakai obat (serangga) sangat sulit. Petugas kemudian melakukan pemusnahan dengan cara dibakar.

Itupun bukan tanpa kendala. Petugas khawatir api merembet ke rumah warga. Namun demikian, sarang tawon vespa tersebut akhirnya bisa kita musnahkan dengan dibakar. Hari ini ada tiga lokasi sarang tawon yang kita musnahkan. Yakni, di Kecamatan Sumobito dan dua titik di Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang, pungkas Reza.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru