NasDem dan PDIP Lamongan Daftarkan Bacalegnya ke KPU

Reporter : Danny

Optika.id - Sejumlah partai mulai mendaftarkan Bacalegnya ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan, Kamis (11/5/2023). Di antara partai yang mengawalinya yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Nasional Demokrasi (Nasdem).

Baca juga: NasDem Jatim Gelar Rakorwil: Panaskan Mesin untuk Kemenangan Khofifah-Emil

Kedua partai tersebut menyerahkan berkas formulir Bacaleg yang sebelumnya telah diserahkan oleh KPU kepada semua partai politik (Parpol). Berkas-berkas itu kemudian diisi oleh Parpol dan diserahkan kembali oleh KPU.

Kami sudah membuatkan formulir untuk Parpol untuk diisi agar memudahkan dalam pengajuan ke KPU yang juga bisa menyesuaikan dengan kesiapan masing-masing partai, ujar Ketua KPU Lamongan, Mahrus Ali, Sabtu (13/5/2023).

Mahrus menyebut, per hari Jumat baru ada dua partai yang konfirmasi untuk menyerahkan berkas Pencalegan ke KPU untuk Pemilu 2024. Pertama adalah PDI Perjuangan dan kedua adalah Partai Nasdem.

Sedangkan pada Sabtu hari ini, sambung Mahrus, ada 3 partai politik yang akan menyerahkan berkas ke KPU Lamongan. Lalu disusul oleh dua partai lagi pada hari Sabtu dan satu Parpol di hari Minggu.

Yang pertama mendaftar di KPU Lamongan adalah PDI Perjuangan dan untuk hari ini juga dijadwalkan ada Partai Nasdem yang menyerahkan berkas ke KPU, tandasnya.

Meski sudah ada beberapa partai yang konfirmasi untuk menyerahkan berkas, Mahrus mengungkapkan bahwa jadwal penyerahan berkas bacaleg ini masih tentatif dan diserahkan sepenuhnya kepada kesiapan partai peserta Pemilu masing-masing.

Sebelum menyerahkan berkas ke KPU Lamongan, partai politik sudah mengunggah berkas di aplikasi yang sudah disediakan oleh KPU, sehingga pada saat penyerahan berkas ke KPU semua kelengkapan sudah dinyatakan siap, ungkapnya.

Selain itu, tutur Mahrus, jadwal yang ada di formulir yang dibagikan oleh KPU bukan patokan pasti. Hal itu lantaran Parpol bisa langsung datang ke KPU apabila berkas pendaftarannya dinilai sudah lengkap dan memenuhi syarat.

Baca juga: Surya Paloh Kembali Jadi Ketum, Ingin Kader Tak Ganggu Parpol Lain!

Jadwal penyerahan berkas ini ditunggu oleh KPU hingga hari terakhir penyerahan yakni pada 14 Mei mendatang. Jadwal yang dibuat tersebut tentatif, namun semuanya diserahkan sepenuhnya kepada kesiapan parpol, paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPC PDI Perjuangan Lamongan Husen mengatakan bahwa berkas pencalegan yang diserahkan ke KPU oleh PDI Perjuangan ini dilakukan serentak, baik yang ada di tingkatkan DPC, DPD dan DPP.

Semua berkas dari 50 Bacaleg PDI Perjuangan Lamongan untuk Pemilu 2024 mendatang telah diserahkan. Dari 50 Bacaleg itu, ada 7 yang incumbent, kata Husen.

Pihaknya juga menegaskan bahwa DPC PDI Perjuangan Lamongan menargetkan perolehan 10 kursi saat Pemilu 2024 mendatang. Untuk target perolehan suara, kamil ditargetkan oleh DPP PDI Perjuangan agar bisa meraih 10 kursi di DPRD Lamongan. Kami optimis, tegasnya.

Sementara itu, Ketua Partai Nasdem Lamongan H. Kaharudin mengatakan bahwa Partai Nasdem Lamongan sudah melengkapi semua berkas persyaratan yang ada, termasuk kelengkapan pengurus Parpol, saat menyerahkan berkas pencalegan ke KPU Lamongan.

Baca juga: Anies Saat di Kongres NasDem: Ada Kalanya Bersama, Ada Kalanya Tidak!

Semua Bacaleg kami dari semua Daerah Pemilihan (Dapil) di Lamongan ini sudah lengkap, jawabnya singkat.

Berdasarkan pantauan beritajatim.com, penyerahan berkas yang dilakukan oleh DPC PDI Perjuangan ke KPU Lamongan ini berlangsung semarak. Sedari pukul 08.00 WiB, mereka membuka start di kantor DPC untuk melakukan doa bersama dan pemotongan tumpeng.

Kemudian rombongan berangkat menaiki delman dan kendaraan pribadi menuju Makam Mbah Kasmirin untuk berziarah, tabur bunga, menancapkan bendera merah putih dan partai.

Setelah itu, mereka secara serentak bergerak menuju ke Kantor KPU, di jalan Basuki rahmat. Setibanya di lokasi, rombongan disambut tarian Adara Purwa. Mereka bahkan juga membagikan kaos bergambar Ganjar Pranowo dan membagikan bunga mawar sebanyak 100 pcs.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru