Ini 5 Kader NasDem yang Sukses Jadi Gubernur di Indonesia!

Reporter : Eka Ratna Sari

Optika.id - Partai NasDem, sebuah partai politik yang eksis di Indonesia, memiliki sejumlah Gubernur yang merupakan kader partai tersebut. Mayoritas dari mereka berada di wilayah Indonesia timur.

Baca juga: NasDem Jatim Gelar Rakorwil: Panaskan Mesin untuk Kemenangan Khofifah-Emil

Partai yang dipimpin oleh Surya Paloh ini dikenal dengan berbagai gebrakan yang menarik perhatian publik, termasuk deklarasi Anies Baswedan sebagai calon presiden pada tahun 2024. Selain itu, beberapa kader NasDem juga menjabat posisi penting, termasuk menjadi Gubernur, Jumat (19/5/2023). Siapa saja mereka?

Baca juga: Surya Paloh Kembali Jadi Ketum, Ingin Kader Tak Ganggu Parpol Lain!

Berikut ini adalah kader Partai NasDem yang sukses menjadi Gubernur di Indonesia:

Baca juga: Anies Saat di Kongres NasDem: Ada Kalanya Bersama, Ada Kalanya Tidak!

  1. Viktor Laiskodat - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT). Viktor Bungtilu Laiskodat, lahir di NTT pada tahun 1965, telah menjabat sebagai Gubernur NTT sejak 2018. Sebelumnya, Viktor pernah menjadi politisi Golkar sebelum memutuskan untuk bergabung dengan NasDem. Bersama Partai NasDem, ia terpilih sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024. Sebelum masa jabatannya berakhir, Viktor maju sebagai calon Gubernur NTT dan berhasil terpilih untuk periode 2018-2023, berpasangan dengan Josef Nae Soi.
  2. Herman Deru - Gubernur Sumatera Selatan. Herman Deru saat ini menjabat sebagai Gubernur Sumatera Selatan. Lahir di Ogan Komering Ulu Timur pada tanggal 17 November 1967, Herman meraih gelar Sarjana Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Sjakhyakirti Palembang (1995) dan Magister Manajemen dari STIE Trisna Negara (2008). Sebelum menjabat sebagai Gubernur Sumatera Selatan sejak 2018, Herman menjadi Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur selama dua periode, yaitu 2005-2010 dan 2010-2015.
  3. Isran Noor - Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor telah menjabat sebagai Gubernur Kalimantan Timur sejak tahun 2018 bersama Wakil Gubernur Hadi Mulyadi. Sebelumnya, Isran Noor pernah menjabat sebagai Kepala Bidang Usaha Pertanian Pemprov Kaltim dan Bupati Kutai Timur. Selain itu, dia juga menjabat sebagai Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Kalimantan Timur.
  4. Ali Mazi - Gubernur Sulawesi Tenggara. Ali Mazi menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Tenggara sejak tahun 2018. Ini bukan kali pertama Ali menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Tenggara, karena dia juga pernah menjabat pada periode 2003-2008. Sebelum bergabung dengan NasDem, Ali merupakan politisi Partai Golkar.
  5. Rusdy Mastura - Gubernur Sulawesi Tengah. Rusdy Mastura menjadi Gubernur Sulawesi Tengah. Sebelumnya, sebagai politisi kelahiran Palu, Rusdy telah menempati beberapa jabatan penting, termasuk Ketua DPRD Kota Palu dan Wali Kota Palu.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru