Meski Rugi Puluhan Miliar Rupiah, Erick Thohir Tetap Akan Gelar MotoGP Mandalika

Reporter : Eka Ratna Sari

Optika.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, akan tetap mempertahankan gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika, meskipun penyelenggaraan balapan yang diikuti oleh para pebalap dunia tersebut mengalami kerugian sebesar Rp 50 miliar.

Baca juga: Gerindra Sebut Ada Kejutan di Pilkada Jakarta, Apakah itu Erick Thohir?

Erick berpendapat bahwa MotoGP sangat penting untuk meningkatkan citra atau merek Indonesia di mata dunia internasional, terutama dalam sektor pariwisata Indonesia.

"Kita akan tetap mempertahankan MotoGP karena hal ini sangat positif dalam membranding sebuah negara. Meskipun dalam jangka pendek belum terasa, dalam jangka waktu 2-3 tahun ini akan menjadi merek yang berkesinambungan dan menjadi kekuatan," ungkapnya, Jumat (16/6/2023).

Erick menyatakan bahwa ia akan menegosiasikan ulang pelaksanaan sejumlah kegiatan atau acara di Sirkuit Mandalika, terutama yang memberatkan atau menyebabkan kerugian, salah satunya adalah pelaksanaan World Superbike (WSBK).

Erick mengakui bahwa sejumlah kegiatan yang diadakan di sirkuit yang pembangunannya didanai oleh APBN sebesar Rp2,4 triliun tersebut cukup memberatkan.

Pendapat yang sama juga disampaikan oleh Direktur Utama InJourney Indonesia, Dony Oskaria.

Baca juga: Menteri Erick Thohir Sebut Tak Ada Kenaikan BBM untuk Tingkatkan Perekonomian Rakyat!

Menurutnya, sejumlah kegiatan yang diselenggarakan di Sirkuit Mandalika menyebabkan kerugian, termasuk World Superbike (WSBK) dan MotoGP.

Untuk WSBK, kerugian yang timbul sekitar Rp100 miliar.

Kerugian tersebut disebabkan oleh minimnya pendapatan dari sponsor.

Baca juga: Prabowo dengan Tegas Ungkap Erick Thohir Tak Masuk TPN!

"MotoGP sudah kita hitung dan kita memiliki defisit sekitar Rp50 miliar. Saat ini kita sedang mencari cara bagaimana mendapatkan tambahan sponsor untuk menutupi defisit ini, sehingga kita dapat menyelesaikan masalah di Mandalika ini," jelasnya.

Donny menambahkan bahwa penyelenggaraan WSBK menyebabkan kerugian hingga Rp100 miliar, sehingga ke depannya InJourney berencana untuk menghapus WSBK dari Sirkuit Mandalika.

"WSBK menunjukkan kerugian, oleh karena itu kami akan bernegosiasi untuk menghilangkan WSBK ini," ujarnya.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru