Viral! Rumah Hunian DP 0 Rupiah Warisan Anies Diduga Disewakan Jadi Kos-Kosan

Reporter : Muhamad Dzaki

Optika.id - Rumah hunian DP 0 Rupiah yang menjadi program Anies Baswedan saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta diduga dijadikan hunian kos-kosan.

Baca juga: Sapa Warga, Anies Dengarkan Aspirasi Rakyat Jakarta!

Isu ini muncul berkat unggahan video salah satu akun instagram yang mempromosikan hunian DP 0 Rupiah tersebut dengan disewakan seharga 1 juta Rupiah. Namun, diketahui bahwa konten tersebut telah dihapus oleh sang pemilik akun pada hari Rabu (21/6/2023).

Video tersebut menarasikan hunian sewa apartemen murah di wilayah Jakarta Timur dengan memvisualisasikan fasilitas-fasilitas yang tersedia di hunian tersebut. Namun, tidak dijelaskan hunian tersebut sebagai rumah DP 0 Rupiah melainkan hanya mencantumkan lokasi dari rumah tersebut saja.

Pemprov DKI Jakarta melalui Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono merespons unggahan video tersebut. Ia menegaskan bahwa program hunian DP 0 Rupiah harus sesuai dengan peruntukannya bagi warga yang belum memiliki rumah untuk mendapatkan rumah dengan harga terjangkau di Jakarta.

Baca juga: Hasto Pastikan Pilkada Jakarta, Sumut dan Jatim Tak Ada Kotak Kosong

"Ini harus sesuai aturan dong. (Langkahnya) harus ditertibkan. Itu kan DP 0 supaya warga bisa mendapatkan rumah terjangkau, para milenial yang belum dapat rumah, itu bisa dapat rumah," kata Heru Budi, dikutip dari Kompas pada Rabu (21/6/2023).

Langkah selanjutnya Pemprov DKI akan menindak dengan tegas pemilik rumah DP 0 Rupiah yang telah menyewakan hunian tersebut.

Baca juga: Anies Punya Efek Ekor Jas, Signifikan Antar Kembali Pimpin DKI Jakarta

Perlu diketahui bahwa lokasi dari hunian DP 0 Rupiah yang disewakan tersebut terletak di Menara Samawa, Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru