Surokim: PAN Berpeluang Besar Dapat Dukungan NU

Reporter : teguh imami

Optika.id - Partai Amanat Nasional (PAN) berpeluang besar meraih dukungan dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU). Salah satu faktornya karena PAN memiliki gagasan dan ide yang dapat meyakinkan basis pemilih muslim seperti NU.

Baca juga: PAN Dukung Anies, Jika Zita Anjani Jadi Cawagubnya!

Pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Surokim Abdussalam mengatakan preferensi politik warga NU sangat beragam. Oleh sebab itu, PAN dapat hadir dengan menawarkan ide serta gagasan yang disukai NU.

Biasanya orang tetap akan memanfaatkan politik gagasan dan ide yang bisa meyakinkan kelompok-kelompok kelas menengah. (Mengambil hati) menengah nahdliyin urban (PAN) punya peluang, kata Surokim sebagaimana dikutip dari Liputan6, Kamis (29/6/2023).

Selain itu, faktor kedekatan NU dan PAN akhir-akhir ini diyakini akan membuat nahdliyin memberikan suaranya kepada partai besutan Zulkifli Hasan tersebut. Hal itu terlihat dari banyaknya tokoh-tokoh NU yang memilih bergabung dengan PAN.

Baca juga: PAN: Fix Khofifah Duet dengan Emil di Pilkada Jatim!

Sejumlah tokoh nahdliyin tersebut antara lain Gus Syaiful Nuri (Mas Ipung) dari Pondok pesantren Sidogiri Pasuruan, Gus Ahmad Abdul Qodir dari pondok pesantren Syaikh Abdul Qodir Jailani.

Kemudian juga Gus Afif dari Pondok pesantren Amanatul Ummah Mojokerto, lalu Gus Sakti itu dari Pondok Pesantren Peta.

Baca juga: Terus Berlanjut, Eri-Armuji Daftar ke PAN untuk Pilwali Surabaya

Tak hanya itu, pada Februari 2023 lalu, PAN juga menggelar acara simposium 1 abad NU di Surabaya.

Hal tersebut semakin memperlihatkan hubungan PAN dan NU semakin erat. Mereka mengadakan peringatan 1 abad NU dan lain-lain. (Itu) bagian dari cara merebut hati Nahdliyin, ungkap Surokim.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru