KPU Resmi Tetapkan Nomor Urut Capres, Anies 1, Prabowo 2 dan Ganjar 3

Reporter : Danny
Foto: Rakyat Merdeka

Optika.id - KPU baru saja mengundi nomor urut peserta Pilpres 2024 di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/11). Hasilnya, paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mendapatkan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Melansir kumparan, pengundian nomor urut di Pilpres 2024 ini diawali dengan pengambilan nomor antrean pengambilan undian. Cak Imin maju terlebih dahulu karena ia dan Anies mendaftarkan diri pertama di KPU; diikuti Mahfud MD; dan Gibran terakhir.

Baca juga: Agung Baskoro: Undian Nomor Capres Bisa Dongkrak Elektoral Pasangan!

Dari hasil antrean itu, paslon Anies-Cak Imin yang mendapatkan nomor antrean 8 menjadi yang pertama mengambil undian nomor urut di Pilpres 2024; diikuti Ganjar-Mahfud (nomor 10); dan Prabowo-Gibran (nomor 14).

Setelah penetapan nomor urut paslon, KPU bisa langsung melakukan proses pencetakan surat suara. Rencananya pencertakan surat suara untuk Pilpres 2024 bakal dilakukan mulai 15 November 2023 besok.

Sebelum melakukan pengundian nomor urut, ketiga paslon mengikuti makan malam bersama dengan ketua dan para komisioner KPU. Setelah itu baru digelar rapat pleno terbuka untuk mengundi nomor urut paslon.

Dalam acara pengundian nomor urut ini, setiap paslon diberi kesempatan untuk mengajak masing-masing 150 orang pendukungnya. Acara pengundian dimulai pada pukul 18.30 WIB.

Setelah pengundian nomor urut, masing-masing paslon diberi kesempatan untuk memberikan pidato selama 10 menit.

Usai pengundian nomor urut, seluruh paslon hanya perlu menyerahkan nama-nama anggota timses mereka ke KPU paling lambat tanggal 24 November 2023. Setelah itu, masa kampanye akan digelar pada 28 November 2023 hingga pertengahan Januari 2024.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru