Gemarikan Peroleh Penghargaan dari Forikan Jatim, Terus Tingkatkan Konsumsi Ikan Lamongan

Reporter : Danny

Optika.id - Pemerintah Kabupaten Lamongan dianugerahi penghargaan forum peningkatan konsumen ikan, Senin (11/12/2023) lalu pada kegiatan peringatan Hari Ikan Nasional ke-10 Tahun 2023 Provinsi Jawa Timur, di Gedung Dyandra Convention Center Surabaya.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak kepada Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Lamongan Anis Kartika Yuhronur Efendi. Yangmana sebagai bentuk apresiasi atas peran aktif berkontribusi terhadap peningkatan konsumsi ikan di daerah. 

Baca juga: Festival Kerapu Lamongan, Pertegas Potensi Desa Labuhan Sebagai Produsen

Dituturkan oleh Anis, Kabupaten Lamongan mengalami peningkatan konsumsi ikan sebanyak 2,34 atau 4 persen. Dari angka konsumsi ikan tahun 2021 sebesar 56,83 meningkat menjadi 59,21 pada tahun 2022. Angka tersebut juga melampaui target angka konsumsi ikan (AKI) Jawa Timur yakni 42,00. Peningkatan tersebut dipengaruhi dengan adanya program "Gemar Makan Ikan" atau Gemarikan. 

Pada tahun 2023 ini Pemkab Lamongan bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lamongan telah menyelenggarakan Gemarikan kepada beberapa sektor, mulai dari sektor penuntasan stunting (4 titik wilayah dengan angka stunting tinggi yakni Kecamatan Sukodadi, Kecamatan Deket, Kecamatan Turi, dan Kecamatan Glagah), masyarakat kurang sejahtera (4 titik wilayah meliputi Kecamatan Sambeng, Kecamatan Babat, Kecamatan Sugiyo, dan Kecamatan Modo), dan masyarakat umum. 

Baca juga: Petani Lamongan Semakin Sejahtera, Tembakau Terus Naik

"Alhamdulillah dianugerahi yang kami terima merupakan penghargaan dari kerja keras kami. Sebagai daerah penghasil sari laut, kami akan memanfaatkan potensi tersebut. Salah satunya dengan menggencarkan pelaksanaan Gemarikan," tutur Bu Ya sapaan akrabnya.

Bu Yes menjelaskan dalam Gemarikan tidak hanya melakukan sosialisasi mengenai pentingnya mengkonsumsi ikan. Melainkan mengedukasi cara mengolah ikan dengan mengadakan demo masak kepada ibu-ibu, bekerja sama dengan UMKM untuk mengemas ikan menjadi makanan ringan yang sehat dan menarik. 

Baca juga: Anugerah Pandu Negeri, Tata Kelola Lamongan Diakui Internasional

"Konsumsi ikan sungguh memiliki keunggulan dari segi gizi yang tinggi, harga yang terjangkau, serta ketersediaan bahan yang berlimpah. Tugas kami adalah mengolah ikan menjadi makanan yang menarik dikonsumsi. Makanya kita adakan demo memasak makanan ikan dan bekerja sama dengan UMKM untuk menciptakan makanan ringan yang sehat. Sosialisasi juga kami berikan kepada siswa-siswi agar mereka sadar akan pentingnya konsumsi ikan," jelasnya.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru