Manfaat Kacang Merah sebagai Menu MPASI pada Bayi

Reporter : Mei Nurkholifah

Surabaya (optika.id) - Kacang merah merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang lazim dikonsumsi di Indonesia. Kacang yang sesuai namanya berwarna kemerahan ini umumnya diolah sebagai makanan seperti bubur maupun bahan campuran kue ataupun minuman tradisional. Namun, tahukah kamu ternyata kacang merah juga bisa digunakan sebagai bahan menu MPASI atau makanan pendamping ASI pada bayi.

Kacang merah memang dikenal sebagai salah satu jenis makanan dari keluarga kacang-kacangan yang memiliki nutrisi yang tinggi. Tidak heran makanan satu ini juga dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai makanan bayi usia 6 bulan sampai 1 tahun, Selasa (4/6/2024).

Baca juga: Don't Worry! Simak Strategi Pemberian MPASI pada Bayi

Nah, berikut 3 manfaat mengonsumsi kacang merah sebagai menu MPASI pada bayi.

1. Mendukung Kesehatan dan Perkembangan Saraf Otak

Kacang merah diketahui sebagai salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung senyama kolin dan protein yang baik untuk perkembangan sistem saraf otak pada anak.

Kacang merah juga diketahui memiliki kandungan vitamin, serat dan juga magnesium yang baik untuk meningkatkan sistem motorik pada bayi dan juga menjaga sistem kesehatan mata pada anak.

Oleh karena itu, pemberian kacang merah yang telah diolah menjadi MPASI pada anak sangat dianjurkan, khususnya pada usia 6 bulan hingga memasuki usia 1 tahun.

2. Mencegah Risiko Anemia Pada Anak

Keluarga kacang-kacangan seperti kacang tanah diketahui memiliki kandungan zat besi yang baik untuk perkembangan anak.

Menyandur dari artikel berjudul Kidney Beans 101: Nutrition Facts and Health Benefits," kacang merah memiliki kandungan zat besi yang cukup besar dan hal ini baik untuk menjaga sistem peredaran darah.

Kacang merah yang diolah menjadi MPASI dapat menurunkan risiko anak terkena anemia di masa yang akan datang.

3. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Kacang merah merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang baik bagi sistem pencernaan karena memiliki kandungan serat yang tinggi. Hal inilah yang menjadi alasan kacang merah bisa diolah menjadi MPASI dan diberikan pada bayi.

Kacang merah dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan pada bayi dan kandungan seratnya yang tinggi dapat membantu melancarkan proses buang air besar.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru