3 Menu Pilihan Terbaik untuk Lansia, Sehat dan Bergizi

Reporter : Mei Nurkholifah

Surabaya (optika.id) - Memasuki usia senja atau usia lanjut, tentunya seseorang umumnya akan mengalami penurunan kondisi fisik maupun kesehatan. Umumnya hal ini mulai terjadi saat memasuki usia 50 hingga 60-an. Melansir dari laman halodoc.com, konsumsi makanan di usia-usia lansia tentunya juga harus diperhatikan agar memenuhi asupan nutrisi harian sekaligus tidak menyebabkan efek samping bagi kesehatan.

Mengonsumsi makanan bergizi seimbang tentunya menjadi salah satu tips yang bisa dilakukan oleh para lansia agar tetap merasa bugar dan sehat. Mengonsumsi makanan bergizi seimbang juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit yang lazim muncul di usia tua. Berikut 3 opsi menu makanan yang bisa menjadi opsi untuk dikonsumsi bagi para lansia, berikut menu terbaiknya, Jumat (7/6/2024):

Baca juga: 5 Kebiasaan Gen Z di Dunia Kerja

1. Kombinasi Schottel Kentan dan Oatmeal Pisang

Di usia lansia seperti umur 60-an, mengonsumsi sumber karbohidrat seperti jagung, gandum, kentang dan nasi tentunya memang tidak bisa dilupakan sebagai menu bernutrisi. Melansir dari artikel berjudul Healthy Eating for Seniors, sumber-sumber makanan berkarbohidrat tersebut bisa memberikan tambahan tenaga bagi para lansia untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Kamu bisa mengolah bahan makanan seperti kentang dan pasta gandum menjadi schottel dengan campuran daging cincang. Makanan sederhana ini bisa menjadi salah satu kudapan bagi para lansia dan tentunya mengandung banyak nutrisi. Selain Schottel, kamu bisa memadukan menu ini dengan oatmeal pisang. Makanan tinggi serat seperti oatmeal dan pisang bisa menambah asupan nutrisi bagi para lansia. Selain itu, makanan tersebut juga kaya kandungan lainnya seperti serat, vitamin dan mineral.

Baca juga: Sering Minum Boba? Hati - Hati Terkena Batu Ginjal

2. Sup Ayam

Sup ayam merupakan makanan yang dikenal memiliki nutrisi lengkap di dalamnya. Melansir dari artikel berjudul Nutrition needs when youre over 65, sup ayam dikenal sebagai makanan kaya nutrisi karena mengandung protein, karbohidrat, serat, vitamin dan mineral.

Karbohidrat umumnya diperoleh dari kentang yang sekaligus menjadi sumber energi yang bisa dikonsumsi para lansia. Lalu, vitamin dan mineral diperoleh dari sayur-sayuran yang terdapat di dalam sup ayam. Tentunya protein bisa didapatkan dari potongan ayam yang sekaligus menjadi kaldu bumbu dari sup tersebut.

Baca juga: 3 Tips Menyatakan Empati saat Rekan Kerja Mengalami PHK

3. Pepes Ikan

Pepes ikan bisa menjadi salah satu opsi menu makanan yang baik dikonsumsi oleh para lansia. beberapa jenis ikan yang umumnya dijadikan bahan pepes adalah ikan tongkol, ikan bandeng, ikan mackerel dan jenis-jenis ikan lainnya. Ikan dikenal sebagai sumber makanan tinggi protein yang juga mengandung asam lemak omega-3. Senyawa ini cukup baik dikonsumsi karena baik bagi sistem peredara darah dan kesehatan jantung.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru