Megawati Sebut Pemerintahan Jokowi Mirip Orde Baru, Gerinda: Amanah Rakyat

author Uswatun Hasanah

- Pewarta

Rabu, 29 Nov 2023 14:41 WIB

Megawati Sebut Pemerintahan Jokowi Mirip Orde Baru, Gerinda: Amanah Rakyat

Optika.id - Wakil Komandan Hukum dan Advokasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, Habiburokhman dengan santai menanggapi pernyataan Ketua Umum (Ketum) PDIP, Megawati Soekarnoputri yang menyinggung penguasa saat ini bertindak selayaknya rezim Orde Baru yang dipimpin oleh Soeharto.

"Kami sangat menghormati ibu Megawati dan kami menyambut positif pidato tersebut. Secara umum itu nasihat beliau sebagai tokoh bangsa kepada kita semua," kata Habiburokhman dalam keterangan tertulisnya, Selasa (28/11/2023).

Baca Juga: Keberuntungan Prabowo

Pernyataan Megawati tersebut alhasil ditanggapi oleh Habiburokhman sebagai peringatan bagi siapapun agar tak memanfaatkan kekuasaan untuk kepentingan politik, jadi bukan satu pihak saja.

"Yang kami tangkap inti pesan beliau adalah agar siapa pun yang sedang memegang kekuasaan tidak bertindak sewenang-wenang dan tidak memanfaatkan kekuasaan untuk kepentingan politik kelompoknya," katanya.

Kekuasaan politik, sebut Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu, merupakan amanah dari rakyat yang harus diraih dengan cara yang terhormat dan tidak culas. Jangan sampai karena takut kehilangan kekuasaan lantas melakukan hal yang melanggar prinsip demokrasi begitu saja.

Baca Juga: Cawe-cawe Pilpres, Usulan Angket Harusnya Ditujukan ke Jokowi

Sebagai informasi, sebelumnya Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri menyebut bahwa para penguasa saat ini bertindak selayaknya zaman Orde Baru. dirinya mengaku sudah tak tahan lagi untuk melontarkan kritik tersebut di depan umum. Alhasil, dirinya mengungkapkan kejengkelannya pada pemerintah saat ini yang bertindak sewenang-wenang dan diktaktor menjelang Pilpres 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

"Kenapa? Republik penuh dengan pengorbanan tahu tidak? Kenapa sekarang kalian yang baru berkuasa itu mau bertindak seperti zaman Orde Baru?" kata Megawati dalam Rapat Kerja Nasional (Rakornas) Relawan Ganjar-Mahfud di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (27/11/2023).

Lebih lanjut, Ketum PDIP itu juga sempat menyinggung ada beberapa pihak yang menekan rakyat saat tahapan Pemilu 2024 nanti.

Baca Juga: Jokowi Gelisah, Parpol Kalah Harus Solid Bentuk Oposisi

"Bolehkah kamu menekan rakyatmu. Bolehkah kamu memberikan apa pun kepada rakyatmu tanpa melalui perundangan yang ada di Republik ini," ujar Megawati.

 

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU