KPU RI Ubah Format Debat Ketiga, Paslon Hanya Pakai Satu Mikrofon di Podium

author Eka Ratna Sari

- Pewarta

Kamis, 28 Des 2023 08:12 WIB

KPU RI Ubah Format Debat Ketiga, Paslon Hanya Pakai Satu Mikrofon di Podium

Optika.id - Anggota KPU August Mellaz menyebut format debat ketiga akan sama saja, tapi untuk paslon yang berdebat hanya akan disediakan satu mikrofon yang dipasang di podium.

Hal tersebut dikatakan Mellaz adalah sebagai evaluasi debat-debat sebelumnya. Pada debat pertama dan kedua, paslon yang berdebat dipasangkan tiga mikrofon “Pada saat rapat tadi disepakati penggunaan podium tetap dilakukan. Dia posisinya memang seperti jangkar. Dan yang kedua, mikrofonnya satu saja,” ujar Mellaz di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (27/12/2023).

Baca Juga: Rapat Pleno Rekapitulasi Nasional Pemilu 2024 Ditunda, Kenapa?

Selain itu, Mellaz juga menyebut konsep debat yang menggunakan podium itu bertujuan agar ruang gerak paslon yang berdebat hanya di atas podium saja. Oleh karena itu, debat selanjutnya mikrofon hanya akan dipasang di podium.

“Kalau yang debat pertama kan tanpa podium, asumsinya orang punya ruang gerak, lebih leluasa. Kalau podium kan dibatasinya di podium,” paparnya.

Baca Juga: Rekap Suara Pemilu di Surabaya Terlambat, Imbas Banyaknya TPS

“Jadi tetap di podium. Jadi asumsinya ruang geraknya di podium itu saja,” pungkasnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pada debat kedua yang menjadi porsi cawapres tersebut, cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka beberapa kali keluar dari podiumnya pada saat menjawab pertanyaan. Ia menjawab pertanyaan dari tengah panggung.

Baca Juga: KPU Tak Akan Hentikan Sirekap, Ini Alasannya

Gibran, pada segmen penutup bahkan berjalan ke arah podium Mahfud dan Cak Imin untuk bersalaman.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU