Pengaruh Istri Dalam Politik

author Pahlevi

- Pewarta

Selasa, 02 Jul 2024 17:57 WIB

Pengaruh Istri Dalam Politik

i

Foto: Los Angeles Daily News

Oleh: Cak Ahmad Cholis Hamzah

Baca Juga: Retorika Provokatif Sebelum Penembakan

Surabaya (optika.id) - Di banyak negara, termasuk di Indonesia sering diketahui bahwa istri pejabat negara seperti presiden, menteri, gubernur dan sebagainya sangat berpengaruh dalam kehidupan politik suaminya. Malahan seringkali kewenangannya melebihi pejabat negara misalnya usulannya untuk memecat pejabat tertentu, permintaannya untuk memilih ketua partai, menentukan investor atau pengusaha yang boleh berinvestasi di negara dan sebagainya.

Ternyata pengaruh seorang istri dalam politik keneragaraan itu juga terjadi di Amerika Serikat yang disebut-sebut sebagai negara panutan demokrasi di dunia. Hal ini terjadi ketika ada kepanikan didalam partai Demokrat Amerika Serikat atas performa jelek presiden Joe Biden dalam acara debat yang diselenggarakan oleh CNN melawan mantan presiden Donald Trump hari Kamis malam tanggal 27 Juni 2024 lalu.

Presiden Biden oleh banyak kalangan terutama dari pesaingnya pendukung partai Republik mengatakan bahwa Biden “is too old or mentally unfit enough for the job" (atau terlalu tua dan kejiwaannya tidak cocok untuk mengemban tugas nya sebagai presiden).

Banyak kalangan di partai Demokrat dan media mainstream Amerika Serikat meminta presiden Joe Biden mengurungkan niatannya untuk terus maju dalam pemilihan presiden bulan November 2024 mengingat kondisi daya ingat nya yang menurun di usia 81 tahun.

Ada pembicaraan serius di dalam partai Demokrat siapa yang akan menggantikan Joe Biden melawan Donald Trump dalam pilpres nanti.

Namun istrinya presiden Joe Biden melawan arus partai Demokrat – meskipun mengetahui secara jelas kondisi kesehatan fisik dan mental suaminya – ngotot untuk mendorong suaminya melawan arus didalam partai dan publik agar tetap maju mencalonkan diri sebagai calon presiden dalam pilpres.

Istri POTUS – singkatan dari President Of The United States ini adalah Dr. Jill Biden. Ibu negara yang pekerjaannya diluar sebagai Ibu Negara adalah mengajar bahasa Inggris di Northern Virginia Community College, dia telah menjadi profesor sejak 2009.

Baca Juga: Trump Nyaris Terbunuh

Media Amerika Serikat melaporkan setelah debat antara dua kandidat presiden AS, Donald Trump dan Joe Biden, pada hari Kamis, 27 Juni lalu Jill Biden, istri presiden Demokrat, tiba di podium saat Trump merunduk. Dia membantu suaminya turun beberapa langkah. Beberapa saat kemudian, Jill mengucapkan selamat kepadanya pada pertemuan singkat dengan pendukung Demokrat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

"Joe, kamu melakukan pekerjaan dengan baik. Kamu menjawab setiap pertanyaan, kamu tahu semua fakta. Dan izinkan saya bertanya kepada orang – orang ini. Apa yang dilakukan Trump? Bohong!" kata Jill kepada orang banyak. Energinya hanya membuat kelemahan suaminya semakin mencolok.

Gambar-gambar viral mengungkapkan peran sentral ibu negara berusia 73 tahun itu dalam kampanye kepresidenan setelah debat bencana Joe Biden yang berusia 81 tahun. "Siapa panglima tertinggi?" panggilan Presiden Amerika Serikat, tanya Chip Roy dari Partai Republik, Joe Biden atau istrinya. Perwakilan DPR dari Texas ini.

"Saya tidak menghormati Jill Biden. Mendorong suami Anda untuk mempermalukan dirinya sendiri seperti ini bukanlah cinta," tambah kontributor Fox News Lisa Boothe. Banyak yang meminta ibu negara untuk bertanggung jawab dan membuat suaminya mengundurkan diri.

Presiden Biden oleh banyak kalangan terutama dari pesaingnya pendukung partai Republik mengatakan bahwa Biden “is too old or mentally unfit enough for the job." (atau terlalu tua dan kejiwaannya tidak cocok untuk mengemban tugas nya sebagai presiden).

Baca Juga: Salah Menyebut Nama Sekutunya Dengan Nama Musuh

Meskipun tidak mungkin untuk mengetahui kehidupan pribadi pasangan itu, jelas bahwa Jill memainkan peran utama dalam keluarga dan keputusan politik suaminya. Dia adalah istri kedua Joe Biden, yang kehilangan istri pertamanya dan putri kecil mereka dalam kecelakaan mobil pada tahun 1972.

Mereka menikah pada tahun 1976 dan dia membesarkan dua putra Joe Biden, Beau dan Hunter. Yang tertua, Beau, seorang putra teladan dan veteran perang Irak, meninggal karena kanker otak pada tahun 2015. Yang lebih muda, Hunter, anak yang hilang, yang tenggelam dalam narkoba dan transaksi bisnis yang teduh, dihukum pada 11 Juni karena kepemilikan senjata ilegal.

Dr. Jill Biden dikabarkan meminta suaminya untuk memecat para pejabat di sekitarnya yang dituduh melakukan persiapan yang seadanya sehingga suaminya mengalami kondisi yang buruk dalam debat melawan Donald Trump itu.

Atas pengaruhnya yang kuat itu, banyak kalangan menuduh bahwa Jill Biden lah yang sebenarnya mempunyai ambisi kuat untuk tetap berkuasa menjadi Ibu Negara Amerika Serikat.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU