Pasien Omicron Gejala Ringan, Kemenkes RI Rekomendasikan Molnupiravir-Paxlovid

Reporter : Jenik Mauliddina
Pasien Omicron Gejala Ringan, Kemenkes RI Rekomendasikan Molnupiravir-Paxlovid

Optika.id, - Kementerian Kesehatan RI mencatat total kasus Omicron di Indonesia mencapai 318 orang, dari penambahan 57 kasus baru Omicron, 7 di antaranya merupakan transmisi atau penularan lokal.

Pasien Omicron di Indonesia umumnya mengeluhkan gejala COVID-19 ringan didominasi batuk dan pilek. Hanya 1 persen yang memerlukan perawatan atau terapi oksigen.

Baca juga: Kerugian Capai 125 Miliar, KPK Usut Dugaan Korupsi Bansos Jokowi Saat Covid-19!

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) dr Siti Nadia Tarmizi memastikan pemerintah akan merekomendasikan penggunaan Molnupiravir dan Paxlovid bagi pasien COVID-19 Omicron tanpa gejala dan bergejala ringan.

"Perlu penyiapan isolasi terpusat di DKI Jakarta dan aktivasi program telemedicine untuk isolasi mandiri di DKI Jakarta. Pasien dengan komorbid dengan tingkat keparahan apa pun dirawat di rumah sakit," kata dr. Nadia dalam keterangan tertulis dikutip dari laman resmi Kemenkes RI, Minggu (9/1/2022). 

Kemenkes RI meminta masyarakat mewaspadai tingkat penularan yang sangat cepat. Pasalnya, jika kasus Omicron terus meningkat, bukan tidak mungkin fasilitas kesehatan akan ikut terbebani.

Kemenkes juga merekomendasikan asesmen kebutuhan konsentrator oksigen atau isotank di daerah dengan peningkatan kasus perawatan COVID-19 seperti Jakarta, Jawa Barat, dan Sulawesi Utara.

Baca juga: Jangan Asal Pilih! Ini Bedanya Jamu dan Obat Fitofarmaka

Banyaknya kasus Omicron diimpor dari pelaku perjalanan luar negeri, Kemenkes RI meminta masyarakat untuk menunda terlebih dulu bepergian atau wisata ke luar.

"Diharapkan masyarakat tidak melakukan perjalanan apalagi berwisata di saat risiko penularan Omicron sangat tinggi," pesan dr Nadia. 

Reporter: Jenik Mauliddina

Baca juga: Kasus Covid-19 Tembus Ratusan, Dinkes DKI: Masih Terkendali

Editor: Amrizal

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru