Pemerintah Daerah Diingatkan Tetap Fokus Capaian Vaksinasi

Reporter : Uswatun Hasanah
Pemerintah Daerah Diingatkan Tetap Fokus Capaian Vaksinasi

Optika.id - Dalam usaha meningkatkan capaian vaksinasi Covid-19, Pemerintah Daerah (pemda) harus lebih fokus dalam meningkatkan perannya yang dinilai besar dalam kesuksesan vaksinasi Covid-19.

"Tentu kunci ini semua ada di daerah dengan dikomandani Kemenkes, Satgas Covid-19 itu sendiri. Mobilitas masyarakat kita cukup tinggi, jadi daerah harus benar-benar fokus agar ketercapaian vaksinasinya juga maksimal," kata Anggota Komisi IX DPR Nurhadi kepada wartawan, Senin (10/1/2022).

Baca juga: Kesehatan dan Alkohol: Apa yang Harus Anda Ketahui?

Menurutnya, pemerintah perlu melakukan upaya agar masyarakat tetap percaya terhadap vaksinasi tinggi, serta selalu sadar terhadap protokol kesehatan dan hidup bersih juga berjalan. Nurhadi juga menilai jika koordinasi serta konsolidasi antara pusat dan daerah harus dipastikan berjalan dengan baik.

Momentum kenaikan Covid-19 saat ini harus menjadi perhatian bersama antara pusat dan pemerintah daerah. Serta Nurhadi berharap agar tidak ada lagi korban-korban akibat Covid-19 ini, apalagi dengan hadirnya varian baru.

Tak hanya itu, dia juga menilai soal pentingnya dalam memiliki strategi mengenai akselerasi vaksinasi di setiap daerah. Sedangkan menanggapi Indonesia yang berhasil masuk dalam jajaran lima besar negara dengan jumlah vaksinasi terbanyak di dunia merupakan kabar baik yang harus diapresiasi.

"Meskipun kita harus terus melakukan vaksinasi sampai 100%, karenya kita terus mendorong pemerintah untuk terus fokus terkait vaksinasi ini," pungkasnya.

Sementara itu, Iwan Ariawan selaku Ahli Epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) menilai jika masuknya Indonesia ke daftar lima besar negara dengan jumlah vaksinasi terbanyak di dunia merupakan sebuah prestasi yang baik serta bermanfaat guna mencegah lonjakan kasus, hospitality serta kemungkinan terburuk yakni kematian akibat Covid-19.

Baca juga: Kenali Penyebab Kesemutan pada Wajah dan Waktu yang Tepat untuk Konsultasi

Iwan juga menilai jika peran pemerintah daerah sangat besar dalam kesuksesan program vaksinasi. Menurutnya, masyarakat lebih mendengarkan pendapat pemerintah daerah dan tokoh agama atau tokoh masyarakat setempat terkait dengan informasi vaksinasi.

Tak hanya itu, Iwan menambahkan jika di tengah ancaman varian anyar Omicron peran vaksinasi kian penting karena vaksinasi bermanfaat untuk mencegah terjadinya kasus Covid-19 berat dan berimbas ke kematian.

Dia juga menilai perlu ditelaah kabupaten atau kota yang cakupan vaksinasinya masih rendah tetapi stok vaksin masih banyak. "Perlu diketahui masalahnya dan diselesaikan bersama, pemerintah pusat dan daerah," pungkasnya.

Baca juga: 5 Perubahan Warna Lidah yang Mengungkap Kondisi Kesehatan Anda

Reporter: Uswatun Hasanah

Editor: Amrizal

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru