Malang Konfirmasi Kasus Varian Omicron Pertama, Tiga Orang Positif

Reporter : Jenik Mauliddina
Satu Kasus Omicron Ditemukan di Sidoarjo, Begini Kondisinya

Optika.id, Malang - Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto di Malang, mengungkapkan, saat ini tiga warga Desa Banjararum, Kecamatan Singosari, yang terpapar COVID-19 varian omicron tersebut telah menjalani isolasi.

"Ada tiga orang warga yang positif di Banjararum. Ketiganya sudah kami isolasi," katanya, Minggu (16/1/2022). 

Baca juga: COVID-19 Melonjak Lagi, Kemenkes Ingatkan Masyarakat Lengkapi Vaksin Booster

Ia mengatakan, Kasus konfirmasi COVID-19 varian omicron di Kabupaten Malang tersebut merupakan yang pertama di wilayah Malang Raya (Kabupaten/Kota Malang dan Kota Batu). 

Pemerintah Kabupaten Malang telah menerjunkan satgas penanganan COVID-19 di wilayah itu untuk memantau aktivitas warga.

Upaya untuk meminimalkan potensi penyebaran virus corona varian omicron telah dilakukan petugas yang akan membatasi mobilitas warga Desa Banjararum secara terbatas pada wilayah zona merah itu.

"Di lokasi kami lakukan lockdown lokal. Kemudian, kami juga siagakan petugas untuk memantau lalu lintas warga," ujarnya.

Ia menambahkan ketiga pasien konfirmasi positif COVID-19 varian omicron tersebut saat ini menjalani isolasi pada fasilitas isolasi terpusat yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Malang, di wilayah Kecamatan Kepanjen.

Baca juga: Epidemiologi Imbau Peningkatan Covid-19 Jelang Libur Nataru

"Kami upayakan untuk 1-2 hari pelacakan. Mereka menjalani isolasi terpusat di Kepanjen," katanya.

Saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten Malang tengah melakukan pelacakan terhadap kontak erat pasien konfirmasi itu. Diharapkan dalam waktu satu hingga dua hari ke depan, proses pelacakan akan rampung.

Didik tidak merinci apakah ketiga pasien konfirmasi positif COVID-19 varian omicron tersebut baru saja melakukan perjalanan dari luar daerah. 

Sebagai Informasi, Secara keseluruhan wilayah Kabupaten Malang ada 14.579 kasus konfirmasi positif COVID-19 dengan tersisa 24 kasus aktif. Sebanyak 13.592 orang dilaporkan sembuh, sementara 963 orang meninggal dunia. 

Baca juga: Kasus Covid-19 Naik Jelang Nataru, Kemenkes: Masih Terkendali

Reporter: Jenik Mauliddina

Editor: Amrizal

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru