Pemkab Lamongan Rutin Selenggarakan Ceramah Agama Bakda Salat Zuhur

Reporter : Seno
IMG-20220404-WA0021

Optika.id, Lamongan - Selama Bulan Suci Ramadan 1443 H/ 2022 M, Pemerintah Kabupaten Lamongan rutin menyelenggarakan ceramah agama Islam bakda salat Zuhur setiap hari Senin dan Kamis di Musala Al-Amin Sekretariat Daerah Kabupaten Lamongan.

Mengawali kegiatan, Senin (4/4/2022), Wakil Bupati Abdul Rouf selaku penceramah menyampaikan tausiah bertema keutamaan menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadan yang turut dihadiri Bupati Lamongan Yuhronur Efendi.

Baca juga: Pramuka Lamongan Tunjukkan Eksistensi di HUT-63: Siap Cetak Generasi Muda Unggul

Kepada jamaah, Wabup Rouf mengungkapkan salah satu keutamaan bulan suci Ramadan yang diungkap dalam sabda Rasulullah SAW melalui riwayat hadits yang dikisahkan dari Abu Hurairah RA yang artinya: "Ketika datang (bulan) Ramadan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu," (HR Bukhari dan Muslim). Melalui hadist tersebut menandakan bahwa Allah SWT sangat senang kepada para kaum muslimin yang menjalankan puasa.

Ini bertanda bahwa Allah welcome kepada kaum muslimin. Sepertihalnya tetangga kita kalau senang kalau kita ada kegiatan. Maka pintu rumahnya juga dibuka, bahkan menawarkan yang lain, saking senangnya dengan kegiatan yang kita lakukan. Sebaliknya, Allah juga menutup semua pintu neraka dan setan-setan terbelenggu. Apa maksud dari semua ini? Tak lain adalah agar manusia yang menjalankan kegiatan ini tidak terganggu. Begitu umat Islam dimanjakan Allah SWT, imbuhnya.

Tak hanya cukup sampai di situ, lanjut Rouf, Bahkan Allah SWT memberikan doorprize kepada umat Muslim berupa Lailatul Qodar atau malam 1000 bulan yang datang pada 10 malam terakhir di bulan Ramadan. Untuk itu Rouf mengingatkan kepada jamaah agar tidak sibuk mencari malam tersebut, karena Lailatul Qodar pasti akan datang.

Baca juga: Bupati Lamongan Apresiasi Ponpes Tanfirul Ghoyyi

Pada 10 hari terakhir di bulan Ramadan ada 1 malam yang setara dengan ibadah 1000 bulan. Allah SWT memberikan doorprize kepada kita Lailatul Qodar. Subhanallah Allah memberikan apresiasi yang besar. Bahkan tidak perlu dicari malam Lailatul Qodar itu. Tidak perlu, asalkan setiap malam kita berdzikir, beribadah, tadarus Al-Qur'an. Pasti kita akan menjumpainya, ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rouf juga mengingatkan kepada jamaah agar senantiasa berdoa. Karena ada tiga orang yang doanya tidak ditolak, yaitu orang yang berpuasa sewaktu ia berbuka, imam atau pemimpin yang adil dan doa dari orang yang teraniaya.

Reporter: Pahlevi

Baca juga: Mudik Aman Nyaman, Bupati Lamongan Berangkatkan Tiga Bus

Editor: Aribowo

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Kamis, 12 Sep 2024 00:47 WIB
Berita Terbaru