Festival Rujak Uleg Jadi Momentum Kebangkitan Kawasan Kya-Kya

Reporter : angga kurnia putra
Festival Rujak Uleg Jadi Momentum Kebangkitan Kawasan Kya-Kya

Optika.id-Walikota Surabaya Eri Cahyadi menilai Festival Rujak Uleg yang digelar pada Minggu (22/5/2022) malam diharapkan bisa menjadi momentum kebangkitan ekonomi di Kota Surabaya, Jawa Timur, sekaligus pemicu untuk menghidupkan kembali kawasan Kya-Kya sebagai destinasi wisata.

"Antusiasme warga saat menyaksikan Festival Rujak Uleg itu sangat luar biasa.  Ini menunjukkan kebangkitan Kota Surabaya dan momentum kebangkitan ekonomi Surabaya," kata Wali Kota Eri Cahyadi di Surabaya, Senin (23/5/2022).

Baca juga: Aktivisi Ini Dukung Kotak Kosong dalam Pesta Demokrasi Pilwali Surabaya!

Selain itu, kata dia, Festival Rujak Uleg ini juga untuk pemicu dalam rangka menghidupkan kembali kawasan Kya-Kya di Jalan Kembang Jepun yang merupakan salah satu tempat makan yang melegenda di Kota Surabaya.

Ke depan, Eri memastikan pihaknya akan menghidupkan lagi kawasan Kya-Kya, Kampung Pecinan, dan menghidupkan kembali kesenian barongsai di kawasan tersebut.

"Jadi, ini pemicu untuk menghidupkan kawasan ini. Surabaya ini banyak tempat wisata, termasuk wisata kuliner, dan salah satu wisata kuliner itu di Kembang Jepun ini," kata dia.

Baca juga: Kisah Alumni Asrama Bibit Unggul, Keluarga Tak Mampu Sampai Jadi Kepala Dinas

Oleh karena itu, ke depannya kawasan itu akan ditata kembali, gedung-gedung di kawasan tersebut akan dicat bersama para pengusaha di kawasan tersebut, dan warung-warungnya akan ditata ulang.  Kawasan tersebut terkenal dengan kulinernya, maka nanti akan dikembangkan kulinernya.

"Jadi, menikmati kuliner Surabaya nanti bisa di Tunjungan Romansa dan juga  di Kya-Kya," ujar dia.

Kya Kya Surabaya adalah salah satu kawasan "Kota Lama" di Ibukota Provinsi Jawa Timur ini. Pada 2003 kawasan tersebut dikembangkan menjadi pusat keramaian, pasar malam. Namun, dalam beberapa tahun belakangan ini, kawasan yang sebelumnya hingar-bingar tersebut meredup.

Baca juga: Pemkot Surabaya Terus Lakukan Sosialisasi PHBS Cegah Endemi MPOX

Reporter: Angga Kurnia Putra
Editor: Pahlevi

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru