Soal Arahan 'Ojo Kesusu', Projo Bantah Dukung Ganjar Pranowo

Reporter : Seno
images (76)

Optika.id - Arahan 'Ojo kesusu' (jangan terburu-buru) dari Presiden Joko Widodo untuk Ormas Projo soal Calon Presiden 2024 dianggap dukungan untuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang hadir dalam acara relawan tersebut. Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi membantah tuduhan pihaknya sudah menentukan pilihan mendukung Ganjar.

"Sudah jelas dan tegas bahwa Projo ora kesusu, tidak terburu-buru," kata Budi Arie Setiadi dalam keterangannya, Rabu (24/5/2022).

Baca juga: Ganjar Sebut Indonesia Tengah Hadapi Krisis Kesehatan Mental

Namun, Budi menilai sah-sah saja jika akhirnya pernyataan Jokowi di acara Projo ditarik-tarik terkait dukungan ke tokoh tertentu, salah satunya Ganjar. Menurutnya kebetulan saat itu Ganjar memang hadir dalam pembukaan Rakernas V sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Lebih lanjut, Budi Arie juga menyebut arahan Jokowi 'Ojo kesusu' dalam acara tersebut justru memperkuat sikap Projo untuk tidak terburu-buru menentukan pilihan. Dia menekankan sampai saat ini pihaknya belum menentukan dukungan kepada siapapun.

"Kalau Projo sudah punya calon yang akan didukung, untuk apa ada Musra? Buang-buang waktu aja. Sekali lagi, Projo ora kesusu," tukasnya.

Budi menegaskan, sampai saat ini masih menunggu arahan Jokowi terkait arah dukungan untuk 2024. Dia memastikan Projo akan tunduk dan taat pada arahan Jokowi.

"Projo tidak minta spekulasi (Jokowi dukung siapa), kami tunduk dan ikut arahan Jokowi," tegasnya.

Baca juga: Megawati Resmi Lantik Pengurus DPP PDIP, Ada Ganjar dan Ahok yang Diamanahi!

Diketahui, Jokowi memang sempat memberikan arahan soal capres 2024 kepada seluruh relawan Projo dalam rakernas di Magelang, Jawa Tengah, kemarin. Jokowi saat itu meminta Projo bersabar alias ojo kesusu.

"Urusan politik? Ojo kesusu sik. Jangan tergesa-gesa," ujar Jokowi dalam sambutannya di lokasi Rakernas V Projo di Borobudur, Magelang, Sabtu (21/5/2022).

Jokowi sekali lagi meminta Projo bersabar, meski tokoh yang mereka dukung ada di lokasi yang sama.

"Meskipun, meskipun mungkin yang kita dukung ada di sini," kata Jokowi.

Baca juga: Ganjar Ungkap Anak Muda Harus Belajar Kepemimpinan Soekarno, Apa Itu?

Reporter: Pahlevi

Editor: Aribowo

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru