Ini Tanggapan Gus Miftah Tentang Rendang Babi yang Viral

Reporter : angga kurnia putra
Ini Tanggapan Gus Miftah Tentang Rendang Babi yang Viral

Optika.id-Belum lama ini, publik dihebohkan soal rendang non halal atau yang terbuat dari daging babi. Banyak yang kemudian memperdebatkan jika seharusnya makanan khas asal Padang tersebut juga harus erat dengan kehalalan makanannya.

Kehebohan ini kemudian ditanggapi pendakwah Gus Miftah atau Miftah Maulana Habiburrahman. Di media sosialnya, ia menyampaikan jika Allah meminta umat Islam makan dari makanan yang halal dan baik

Tak lupa Gus Miftah juga mengutip potongan ayat menerangkan hal tersebut.

"Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Allah SWT berfirman di dalam surat Al-Baqarah ayat 168, wahai para manusia makanlah makanan yang halal dan baik yang ada di muka bumi," kata Gus Miftah di video media sosialnya, Selasa (14/6/2022).

Menurut Gus Miftah makanan yang halal hanya untuk mereka yang beragama Islam. Semenyara yang tidak beragama Islam, tentu bukan menjadi perkara umat Islam.

"Kewajiban makan makanan yang halal itu untuk orang Islam ya, orang non Islam ya terserah mau makan apa. Termasuk mau dimasak dengan bumbu apa, dengan cara apa, ya selera mereka, ya selera mereka," sambung Gus Miftah.

Ia pun justru berterima kasih kepada penjual makanan yang menerangkan jika makanan yang disajikan haram serta memberikan label non halal pada makanan tersebut.

Hal ini agar sebagai umat Islam dapat menjadi penanda dan menjauhi makanan non halal tersebut.

"Sehingga ketika melihat makanan non halal yang kita lakukan jangan emosi, cukup ga usah dibeli, selesai," cetusnya.

Dengan penjelasan yang sudah diberikan, Gus Miftah pun akhirnya bertanya, Ia menanyakan sejak kapan, makanan rendang memiliki agama sehingga hanya boleh dimakan oleh umat islam.

"Ngomong-ngomong sejak kapan ya rendang punya agama," tanya Gus Miftah.

Unggahan Gus Miftah itu kemudian dibanjiri komentar netizen yang mendukungnya.

"Betul Gus, apakah kalo ada yg menjual masakan Non halal, apakah iman kita berkurang...??di sini kedewasaan kita dlm beragama dan bernegara membutuhkan kedewasaan kita dlm bersikap, bertindak juga dalam ber- kata2..," ujar netizen lainnya.

"Nah itu yg kemaren2 saya gk habis pikir gus, kok bisa viral cuma gara2 hal sepele kyk gini," sambung netizen lainnya.

"Betul gus. Yang gak baik itu jual rendang babi tapi labelnya sapi," sambung  ade_imso.

Reporter: Angga Kurnia Putra
Editor: Pahlevi

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru