Satu Panggung di Unair, Sinyal Ganjar dan Khofifah Berpasangan di Pilpres 2024?

Reporter : Seno
images (78)

Optika.id - Meski Pemilihan Presiden masih sekitar satu tahun lebih, tepatnya 14 Februari 2024. Beberapa tokoh nasional tampaknya sudah memanaskan mesin politiknya. Salah satunya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Mereka satu panggung di penutupan agenda orientasi mahasiswa baru Unair.

Mereka hadir sebagai pembicara dalam Talkshow bertajuk 'Nationalism Character Building: Sinergitas Ksatria Muda Airlangga dalam Menyongsong G20 Menuju Indonesia Emas 2045' di Universitas Airlangga, Sabtu (27/8/2022).

Baca juga: Kata Para Ahli Soal Peluang Khofifah, Risma dan Luluk di Pilgub Jatim

Menurut pengamat politik Universitas Airlangga, Ali Sahab, pasangan Ganjar dan Khofifah merupakan pasangan yang pas untuk maju Pemilihan Presiden 2024.

"Kalau dari segi peluang saya kira pasangan yang pas, nasionalis religius," kata Ali pada Optika.id, Rabu (31/8/2022).

Tetapi, kata Ali, publik tetap harus realistis, lantaran 'kendaraan' apa yang akan digunakan pasangan Ganjar dan Khofifah untuk maju Pilpres 2024.

"Namun kita harus realistis bahwa penentu siapa yang akan maju adalah partai politik," tambah dosen jurusan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) Unair ini.

Ali mengatakan, Ganjar Pranowo masih tersandera dengan PDI Perjuangan sementara Khofifah Indar Parawansa bukan orang partai.

"Saya kira Ganjar tidak berani keluar dari PDIP karena itu yang membesarkan namanya. Belum tentu Ganjar keluar dari PDIP akan semoncer di PDIP," kata Ali.

Ali pun memberikan contoh, jika semisal Ganjar dicalonkan dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dapat dipastikan partai pengusung dari KIB akan meminta jatah untuk wakil presiden.

"Jadi tidak bisa serta merta menggandeng wakil non partai walaupun secara elektabilitas berpotensi sebagai vote getter," tukasnya.

Ketua Ikatan Alumni 

Diketahui, Khofifah bersama Ganjar berada dalam satu forum di Unair. Keberadaan keduanya dalam satu panggung itu memberi motivasi kepada para mahasiswa.

Dua tokoh nasional tersebut merupakan ketua organisasi alumni dua kampus ternama di Indonesia. Ganjar menjabat sebagai Ketua Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama), sedangkan Khofifah menjabat Ketua Ikatan Alumni (IKA) Unair.

Apakah hubungan keduanya akan berlanjut ke panggung politik Pilpres 2024?

"Opo ae, Rek, yang keluar pertanyaannya kok itu," kata Gubernur Khofifah sembari tersipu, saat dikonfirmasi usai memberi motivasi di kegiatan pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru (PKKMB) Unair, Surabaya, dilansir dari Antara, Sabtu (27/8/2022).

Menjelang tahun politik 2024, berbagai lembaga survei menyebut kedua tokoh tersebut sedang berada di puncak popularitas. Nama Ganjar dan Khofifah ditempatkan dalam daftar papan atas bursa bakal calon presiden maupun wakil presiden pada Pemilihan Umum tahun 2024.

"Wong ini urusan mahasiswa kok malah tanya survei," kata Gubernur Ganjar yang lantas melempar senyum, saat dicegat wartawan ketika akan meninggalkan Kampus Unair usai memberi motivasi kepada mahasiswa baru.

Sementara, Rektor Unair Prof Mohammad Nasih menjelaskan Gubernur Ganjar Pranowo dan Khofifah Indar Parawansa diundang oleh forum mahasiswa.

Baca juga: Pilkada Jatim Cetak Sejarah Baru, Tiga Srikandi Politik Bertarung Merebut Jatim I

"Forum mahasiswa ini menginisiasi untuk mendatangkan putra-putri terbaik di Indonesia agar dapat memberikan inspirasi dan informasi, khususnya adik-adik mahasiswa baru," ucapnya.

Di atas satu panggung dalam forum mahasiswa itu, Gubernur Ganjar dan Khofifah tampak bergantian menyampaikan motivasi.

Para mahasiswa tersebut telah berhasil masuk Unair melalui persaingan yang ketat, selanjutnya didorong untuk mengembangkan diri demi mencapai cita-citanya.

"Tentunya dengan pendampingan para dosen yang diharapkan bisa memberikan talent supporting demi mengantarkan segenap mahasiswa menuju masa depan sesuai dengan potensinya masing-masing," tutur Gubernur Ganjar Pranowo.

Selain itu, Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Airlangga (Unair) Yoga Haryo Prayogo menyebut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo layak untuk disandingkan. Mengingat, kedua figur ini masih mengemban amanah di wilayah masing-masing.

"Kini adalah era mengedepankan kolaborasi, bukan kompetisi. Pak Ganjar dan Bu Khofifah tentu ndak bisa dibanding-bandingke, tapi cocoknya disandingke," ujar Yoga Haryo Prayogo dalam sambutan penutupan Angkatan Muda Ksatria Airlangga (Amerta) 2022 di Gedung gedung Airlangga Convention Center (ACC) Kota Surabaya, Sabtu (27/8/2022).

Yoga menyatakan rasa bangganya dengan kehadiran dua figur tersebut di tengah 8.275 mahasiswa baru Unair. Terlebih, Khofifah dan Ganjar adalah dua gubernur yang inspiratif dan berprestasi.

Kader GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia) ini turut mengapresiasi program TisTas Gubernur Khofifah. Menurutnya, pendidikan di Jatim sekarang lebih terjangkau dan berkualitas.

"Bu Khofifah adalah contoh pemimpin yang peduli dengan generasi penerus bangsa. Program TisTas yang menggratiskan biaya SPP SMA dan SMK di Jawa Timur patut diacungi jempol. Bisa menjadi inspirasi untuk para kepala daerah, dan pembuat kebijakan di berbagai sektor," ucap Yoga.

Baca juga: Khofifah Ungkap UMKM Turut Kontribusi 59,18 Persen untuk PDRB Jatim

Lebih lanjut, Yoga memuji Khofifah yang merupakan figur pemimpin perempuan. Tidak hanya di Jawa Timur, tapi seluruh Indonesia.

"Siapa yang tidak kenal dengan sosok Ibu Khofifah. Teman-teman coba tanya ke bunda atau mamanya. Apalagi yang aktif dalam forum-forum pengajian, ndak hanya yang dari Jatim saja, se-Indonesia pasti hampir semua tau. Beliau adalah Ibu para Muslimat Nahdlatul Ulama (NU)," tambahnya.

Senada, Yoga juga mengapresiasi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Menurutnya, Ganjar adalah contoh pemimpin yang sukses dalam menerapkan reformasi birokrasi.

"Langkah strategis yang beliau ambil terbukti berhasil dalam menciptakan layanan masyarakat di Jawa Tengah yang cepat, mudah dan murah sesuai dengan tagline beliau 'Mboten Korupsi, Mboten Ngapusi'. Kita tahu bahwa Jawa Tengah pernah jadi provinsi yang indeks antikorupsinya paling tinggi menurut KPK," tutur Yoga.

Menurut Yoga, Ganjar adalah sosok yang humble. Sehingga, tidak ada kesan berjarak dengan masyarakat.

"Pak Ganjar ini juga sosok yang rendah hati. Saya sering bertanya kepada kolega saya sesama ketua BEM dari kampus-kampus lain yang sudah duluan didatangi Pak Ganjar, dan semuanya sepakat kalau Pak Ganjar ini ramah dan humble. Dan terbukti sebelum hari ini saat saya berkesempatan ngobrol dengan beliau," pungkasnya.

Reporter: Pahlevi

Editor: Aribowo 

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru