129 Pejabat Pemkot Surabaya Dimutasi

Reporter : optikaid
pelantikan-pejabat-pemkot-surabaya

Optika, Surabaya - Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi melakukan mutasi dan rotasi 129 pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Mutasi dan rotasi tersebut dilakukan untuk mengisi kekosongan jabatan di beberapa Perangkat Daerah (PD), mulai dinas, kecamatan dan kelurahan.

Kekosongan pejabat tersebut rinciannya, Kepala Dinas atau Kepala Bagian ada 4 orang, Camat 5 orang, Lurah 30 orang. Kasi Kecamatan, Kasubag Kecamatan serta Kasi Kelurahan sebanyak 76 orang. Sekretaris Kecamatan, Badan atau Dinas atau Kabid sebanyak 14 orang.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi menyampaikan, kelurahan dan kecamatan adalah garda terdepan pelayanan masyarakat. Dia meminta para pejabat yang baru dilantik agar bekerja semaksimal mungkin.

"Karena itu saya ingin betul tolong tunjukkan bahwa Pemerintah Kota Surabaya bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakatnya," kata Eri di sela acara pelantikan, di Graha Sawunggaling, Gedung Pemkot Surabaya Lantai 6, Jumat (1/10/2021). 

Eri juga mengingatkan kepada seluruh pejabat pemkot, agar mengubah mindset kantor kelurahan dan kecamatan bukanlah tempat orang buangan. 

"Ketika njenengan (anda) hari ini diberikan amanah untuk yang terbaik kepada masyarakat, maka jangan pernah sia-siakan amanah ini. Karena pelayanan kita itu adalah kewajiban dan tugas kita sebagai aparat dan pejabat negara," tegasnya.

Ketika saat ini dilantik menjadi pejabat struktural, lanjutnya, bukan berarti akan selamanya mengemban amanah itu. 

"Saya akan melakukan evaluasi setiap setahun sekali. Evaluasi ini adalah kinerja njenengan (anda) terkait dengan output apakah sesuai atau tidak. Ketika output njenengan tidak sesuai, maka bisa berhenti menjadi fungsional untuk dilatih kembali diklat kekurangannya apa, atau bahkan bisa jadi staf," ujarnya.

Eri menjelaskan, ketika pejabat tidak mampu mencapai output yang dihasilkan, itu merupakan kesalahan yang fatal. 

"Hari ini njenengan (anda) patut berbangga, karena njenengan saya berikan kepercayaan. Karena dari ratusan orang yang sudah dilakukan asesmen, hanya njenengan yang lulus," ungkapnya.

Eri berharap, hasil asesmen ini bukan hanya terbaik dalam bentuk tulisan saja. Tapi bagaimana hasil dari asesmen itu bisa diimplementasikan di masyarakat. 

"Saya berharap dengan pelantikan hari ini, pertama maka pelayanan masyarakat lebih cepat. Kedua inovasi, lebih-lebih lagi di kelurahan dan kecamatan lebih cepat jalannya. Njenengan (anda) saya percaya ada di sana," terangnya.

Kepada mereka yang dilantik itu, imbuhnya, agar melepaskan ego sebagai seorang pejabat. Dia ingin agar para pejabat itu menanamkan ke hati mereka adalah seorang pelayan masyarakat. Sebab, gaji yang mereka dapatkan berasal dari pajak yang dibayarkan oleh masyarakat.

"Saya yakin anda adalah orang-orang yang hebat, amanah dan bisa berkorban untuk masyarakat. Selamat bertugas dengan hati yang ikhlas, berjuang tanpa pamrih dan bahagiakan selalu masyarakat Surabaya," pungkasnya. (Ramadhani/zal)

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru