Jelang Musim Hujan, Armuji Minta Kabel Utilitas Tak Mengganggu Drainase

Reporter : angga kurnia putra
978483892

Optika.id-Wakil Wali Kota Surabaya Armuji meminta kabel utilitas yang ada di saluran air atau gorong-gorong tidak menghambat fungsi drainase menjelang datangnya musim hujan.

"Kalau saluran air terdapat dua sampai tiga kabel lebih kan mengganggu jalannya air. Kalau sampahnya nyangkut di dalam siapa yang bisa mengawasi," kata Wakil Wali Kota (Wawali) Armuji di Surabaya, Rabu (28/9/2022).

Baca juga: Eks Ketua KPU Surabaya Ditunjuk Jadi Ketua Tim Pemenangan Eri-Armuji

Ia sempat melihat sejumlah kabel fiber berserakan di trotoar Jalan Bubutan, Surabaya, pada Selasa (27/9) 2022.

Cak Ji panggilan lekat Armuji, mengaku sempat turun dari mobilnya dan mencari sambungan kabel utilitas tersebut. Setelah ditelusuri ternyata kabel itu berasal dari saluran air sepanjang Jalan Bubutan. Dia menganggap kabel berserakan itu mengganggu pejalan kali.

Mendapati hal itu, Cak Ji memerintahkan agar organisasi perangkat daerah (OPD) terkait melakukan penertiban dan inventarisasi saluran air yang terdapat jaringan kabel fiber di dalamnya.

Menurut dia, sudah ada payung hukumnya berupa Perda tentang penyelenggaraan jaringan utilitas supaya masuk di dalam tanah. "Jadi tidak berserakan. Nanti harus dipanggil pemiliknya dan dilakukan pembinaan," kata dia.

Baca juga: Haedar Nashir Hadiri Milad Seabad RS PKU Muhammadiyah Surabaya

Ia mengatakan Pemerintah Kota Surabaya saat ini gencar melakukan pembangunan saluran drainase dan pembersihan endapan untuk menyiapkan datangnya musim hujan.

Untuk itu, Cak Ji meminta setiap perusahaan mematuhi peraturan yang berlaku dengan tidak asal melakukan pemasangan kabel utilitas. Apabila tidak direspons maka Pemkot Surabaya akan melakukan tindakan tegas dengan penertiban.

"Disiplin dalam berusaha itu penting kala masyarakat percaya dengan partisipasi pembangunan untuk Kota Surabaya maka dunia usaha harus tertib," demikian Armuji.

Baca juga: Aktivisi Ini Dukung Kotak Kosong dalam Pesta Demokrasi Pilwali Surabaya!

Reporter: Angga Kurnia Putra

Editor: Pahlevi 

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru