Pengamat Politik Prediksi Deklarasi Capres Sebelum April 2023

Reporter : Haritsah

Optika.id - Siti Zuhro Peneliti Ahli Utama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memperhitungkan estimasi partai politik peserta pemilu 2024untuk mendeklarasikan calon presiden dan wakil presiden sebelum April 2023. Ia menjelaskan koalisi partai akan terus mengecil dan persaingan tiap partai akan memanas pada 2023 nanti.

Baca juga: TKD KIM Surabaya Konsolidasi Perkuat Dukungan Prabowo-Gibran

"Kayaknya 2023, kayaknya enggak sampai April pertengahannya. Jadi semua itu akan mengerucutkan koalisi kayak mungkin pendukung Anies tiga partai, itu kayak mengerucut, KIB juga sama nanti," ujar Siti di di acara Ngopi Dari Sebrang Istana, Minggu (18/12/2022).

Siti Mengatakan, koalisi partai Gerindra-PKB juga akan melakukan hal yang sama pada 2023. Lebih dalam, mereka segera mendeklarasikan capresnya lantaran takut kecolongan oleh Anies Baswedan yang lebih dulu mendeklarasikan diri.

"Mereka sudah ingin menurunkan calon-calonnya karena takut sama Anies itu nanti, on the top dia kan, kalau dia sendirian," katanya. Ia juga menilai kendati belum melakukan deklarasi hingga kini, koalisi perubahan antara NasDem, PKS, dan Demokrat solid.

Baca juga: Pernah Jadi Menaker, Cak Imin Diyakini Kuasai Materi Debat Cawapres

"Mereka termasuk solid sebenarnya, karena Demokrat sama PKS itu yang saya tahu ya cuma menginginkan Anies," ujar dia. Menurut Siti, permasalahan dalam koalisi tersebut terletak pada pencarian sosok wakil presiden sementara nama mantan gubernur DKI Jakarta itu merupakan cantelan daripada koalisi tersebut.

"Iya cantelannya, mungkin krusialnya ada di cawapresnya, tapi mereka welcome banget sama Anies, saya menyaksikan waktu ada acara di PKS itu. Kelihatan banget kalau Anies menjadi favorit," katanya.

Baca juga: Tegas! Ketua KPU Tegur Gibran Ketika Debat Capres

Di sisi lain, ia juga memprediksi wacana koalisi PKS dengan Gerindra tidak akan terealisasi.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru