NasDem Sebut Andika Perkasa Berpeluang Dampingi Anies Baswedan, Tapi?

Reporter : Haritsah

Optika.id - Mantan Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa diwacanakan bisa menjadi calon wakil presiden (cawapres) bagi Anies Baswedan.

Baca juga: Netizen Respon Upaya Anies Dirikan Partai, Ini Penjelasannya!

Namun beberapa hal menjadi pertimbangan NasDem soal peluang Andika ini.

Wakil Ketua Umum (Waketum) NasDem Ahmad Ali mulanya memuji prestasi dan capaian Andika. Menurutnya, Andika memiliki kapasitas yang pantas untuk mendampingi Anies sebagai cawapres.

"Sulit untuk kita tidak katakan bahwa Andika Perkasa adalah salah satu kader yang dimiliki bangsa ini. Karena tentunya dengan capaian-capaian dia, prestasi-prestasinya," kata Ali mengawali tanggapannya, Rabu (21/12/2022).

"Kemudian kita berbicara apakah dia pas untuk menjadi cawapres bagi Anies, kapasitas itu dia pantas. Dengan prestasi dan kapasitas Andika saya pikir dia nominasikan menjadi salah satu," imbuhnya.

Baca juga: Tokoh Masyarakat Ingin Anies Terus Jadi Pemimpin Perubahan untuk Indonesia

Namun, lanjut Ali, kapasitas saja dinilai tidak cukup untuk maju dalam kontestasi pilpres. Dia menekankan tokoh yang maju dalam kontestasi pilpres juga harus memiliki efek elektoral atau menguasai suara pemilih.

"Tapi intinya begini, seseorang memiliki kapasitas yang mumpuni itu tidaklah cukup menjadi modal untuk maju dalam kontestasi seperti pilpres. Tentunya cawapres sesuai kriteria yang harus membantu elektoral, kemenangan," kata Ali.

Baca juga: Meski Tak Ikut Kontestasi Pilgub, Pengamat Prediksi Karier Anies Tak Meredup!

Mantan Ketua Fraksi NasDem DPR ini lalu menyodorkan sejumlah faktor yang menjadi pertimbangan sebagai cawapres. Ali mengatakan pertimbangan-pertimbangan itu diserahkan kepada Anies sebagai bakal capres NasDem.

"Jadi Andika secara kapasitas intelektualnya, ya, siapa lagi yang meragukan itu. Pertanyaannya, dia didukung masyarakat nggak. Pertanyaannya, apakah pendukungnya Andika tidak beririsan dengan pendukungnya Anies. Apakah kemudian Anies nyaman dengan Andika. Nah, semua faktor-faktor itu ada sama Anies," ujar dia.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru