3 Film Dokumenter Dirilis Mahasiswa UK Petra, Ludruk Salah Satunya

Reporter : Danny

Optika.id - Mahasiswa Broadcast and Journalism Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya merilis tiga buah film dokumenter, Jumat (13/1/2023). Ketiga film tersebut berjudul Lensa Ludruk, Ahad Ijem dan Exist.

Daniel Budiana, Dosen Mata Kuliah Film Dokumenter mengatakan bahwa dalam karya ini, pihaknya mengambil tema Sebuah Perubahan.

Ia menjelaskan, bahwa dalam kehidupan manusia, berubah memiliki arti sebuah tantangan yang harus dialami. Berubah, dalam kehidupan manusia menjadi sebuah tantangan yang mau tidak mau harus dialami, ujar Daniel.

Ia menambahkan, tiga film dokumenter tersebut merupakan karya ujian akhir semester. Sedangkan dalam penggarapannya, para mahasiswa harus melakukan berbagai riset agar yang ditayangkan sesuai dengan kehidupan nyata.

Kendati penggarapan film ini belum sempurna, lanjut Daniel, setidaknya melalui screening yang dilakukan, para mahasiswa bisa mendapatkan pembelajaran untuk ke depannya.

Di sisi lain, hadirnya tiga film dokumenter karya mahasiswa Broadcast and Journalism, Communication Science, PCU (Petra Christian University) ini bisa mengingatkan masyarakat untuk mendukung sekaligus peduli terhadap perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar.

Berikut sinopsis tiga film karya mahasiswa UK Petra tersebut:

1. Lensa Ludruk

Film ini bercerita tentang sebuah komunitas yang berjuang mempertahankan kesenian ludruk. Berangkat dari keresahan semakin minimnya peminat ludruk, khususnya di Jawa Timur, film ini diharapkan bisa melestarikan kesenian ludruk khas Jawa Timur di tengah gempuran zaman.

Menggandeng komunitas Lintas asal Surabaya, film ini sengaja dikonsep modern. Hal itu diharapkan bisa dinikmati para generasi milenial.

2. Ahad Ijem

Ahad Ijem artinya Minggu yang Hijau. Film ini mencoba mengangkat seputar pelestarian alam. Ide film ini berawal dari kisah sebuah komunitas yang berusaha melestarikan alam dengan cara-cara yang unik.

Di situ, mereka membuat sebuah gerakan penghijauan dan upacara adat usai penanaman bibit pohon. Nah, di film Ahad Ijem ini, usaha dalam menghargai alam menjadi isu yang diangkat.

3. Exist

Exist bermakna ada. Film ini menceritakan sebuah budaya tertua di Indonesia yakni menganyam. Dalam film ini, diulas terkait budaya menganyam yang semakin tergerus oleh perkembangan zaman. Film ini berdurasi kurang lebih 15 menit.

Pada prinsipnya, film ini bertujuan agar generasi milenial bersedia untuk bersama-sama memajukan budaya-budaya Indonesia yang sudah mulai terjadi perubahan.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru